Rabu, 09 September 2015

SILABUS KURIKULUM 2013 KELAS 1


SILABUS

Nama Madrasah
: MIS As’adiyah 3 Sengkang




Mata Pelajaran
: Bahasa Arab




Kelas/Semester
: I (Satu) / I




Kompetensi Inti






1.  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan  guru.
3.  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, mahluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya dirumah dan disekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas , sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.







Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1.  Menerima anugerah Allah SWT berupa Bahasa Arab

 .
Terintegrasi
􀁸Pengamatan    􀁸Penilaian diri        􀁸Penilaian antar teman

􀁸Buku Teks yang relevan 􀁸Model Guru 􀁸CD/DVD Pembelajaran
1.2.  Menerima keberadaan Allah SWT atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam
2.1.  Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud benda melalui media bahasa Arab dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru 
2.2.  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.1.  Mengenal bunyi mufradat terkait topik (عَمَلُ اْلكَشْفِ ; التَّعَارُفُ ; اَلْأَدَوَاتُ اْلكِتَابِيَّةُ ; اَلْأَدَوَاتُ اْلمَدْرَسِيَّةُ) baik secara lisan maupun tulisan.
* Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyyah 
Tema/ Topik:  (عمل الكشف ; التعارف ; الأدوات الكتابية ; الأدوات المدرسية) Wacana yang memuat kosakata, dan ungkapan komunikatif sesuai tema/topik.
 Mengamati :
* Menyimak pengucapan kosa kata sambil memperhatikan model guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya.                                               * Mencocokkan gambar dengan tulisan sesuai apa yang didengar.                                                             Menanya:·                                                                     * Melakukan tanya jawab sederhana tentang tema/topik yang dipelajari.                                                               * Menjawab pertanyaan dalam tema/topik secara lisan    * Menjawab pertanyaan lisan yang diajukan lawan bicara sesuai tema.                                                          Mengeksplorasi:                                                            * Melafalkan huruf-huruf hijaiyah, kata dan kalimat sesuai dengan yang diperdengarkan model melalui ucapan guru/kaset/film.                                                  * Drill pelafalan kosa kata                               Mengasosiasikan:                                                          * Merangkaikan huruf-huruf hijaiyyah menjadi kata         * Menyusun kata menjadi kalimat (jumlah) sederhana sesuai tema/topik.                                                            * Menyalin atau menulis kembali kata-kata atau kalimat yang didengar                                                                 * Menemukan makna kata                            Mengkomunikasikan:                                                    * Menunjukkan benda yang disebutkan oleh guru           * Menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat.    * Merespon perintah yang didengar                                * Mempraktekkan memperkenalkan diri dalam bentuk hiwar(dialog)                                                                   * Melakukan dialog (hiwar) sesuai dengan tema/topik secara lisan.
􀁸 Pengamatan:
* Mengamati keaktifan dan keberanian siswa                 * Mengamati siswa cara pengucapan kosa kata        􀁸 Portofolio:                      * Mengumpulkan tugas sesuai tema/topik, seperti menarik garis sesuai gambar, mengisi nama sesuai gambar dsb.            * Kumpulan tugas berbahasa siswa seperti mengumpulkan daftar kosa kata beserta artinya.                           􀁸 Tes:                                        * Tes Lisan                     * Tes Tertulis                  * Unjuk kinerja (performan) Menpraktekkan percakapan sederhana        􀁸 Tugas :                        PR, Tugas perorangan/kelompok

􀁸Buku Teks yang relevan 􀁸Model Guru 􀁸CD/DVD Pembelajaran

* Mengidentifikasi bunyi kata

* Melafalkan bunyi kata (mufradat)

3.2.  Mengenal makna dari ujaran kata (mufradat) terkait topik :(عَمَلُ اْلكَشْفِ ; التَّعَارُفُ ; اَلْأَدَوَاتُ اْلكِتَابِيَّةُ ; اَلْأَدَوَاتُ اْلمَدْرَسِيَّةُ)
* Mengidentifikasi makna kata

* Menjawab berbagai pertanyaan tentang tema/topik.

* Menyalin atau menulis kembali kata-kata dan maknanya sesuai tema/topik

4.1.  Menirukan bunyi mufradat terkait topik :(عَمَلُ اْلكَشْفِ ; التَّعَارُفُ ; اَلْأَدَوَاتُ اْلكِتَابِيَّةُ ; اَلْأَدَوَاتُ اْلمَدْرَسِيَّةُ)
* Melafalkan kembali kata atau kalimat yang didengar

4.2   Menyebutkan makna dari ujaran kata (mufradat) terkait topik:(عَمَلُ اْلكَشْفِ ; التَّعَارُفُ ; اَلْأَدَوَاتُ اْلكِتَابِيَّةُ ; اَلْأَدَوَاتُ اْلمَدْرَسِيَّةُ)
* Melafalkan bunyi ujaran dan makna ujaran (mufradat)              *Mendemonstrasian perkenalan diri










Mengetahui,

Sengkang, 7 Agustus 2015



Kepala Madrasah
Guru Bidang Studi

















JAMIL YUNUS,S.AG.
NURUL FADILAH




NIP.19731110 200003 1 002
NIP.




SILABUS

Nama Madrasah
: MIS As’adiyah 3 Sengkang




Mata Pelajaran
: Bahasa Arab




Kelas/Semester
: I (Satu) / II




Kompetensi Inti






1.  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan  guru.
3.  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, mahluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya dirumah dan disekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas , sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.







Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1.  Menerima anugerah Allah SWT berupa Bahasa Arab

Tema/ Topik:   ( العدد ۱ - ١٠ ;  أَسْمَاءُ الأَيَّامِ ;  بعْضَ أَسْمَاءِ الفَوَاكِهِ ; ( بَعْضَ الأَلْوَان Wacana yang memuat kosakata, dan ungkapan komunikatif sesuai tema/topik.
Terintegrasi
􀁸Pengamatan    􀁸Penilaian diri        􀁸Penilaian antar teman

􀁸Buku Teks yang relevan 􀁸Model Guru 􀁸CD/DVD Pembelajaran
1.2.  Menerima keberadaan Allah SWT atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam
2.1.  Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud benda melalui media bahasa Arab dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru 
2.2.  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.1.  Mengenal bunyi mufradat terkait topik ( العدد ۱ - ١٠ ;  أَسْمَاءُ الأَيَّامِ ;  بعْضَ أَسْمَاءِ الفَوَاكِهِ ; بَعْضَ الأَلْوَان)  baik secara lisan maupun tulisan.
* Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyyah 
Tema/ Topik:  ( العدد ۱ - ١٠ ;  أَسْمَاءُ الأَيَّامِ ;  بعْضَ أَسْمَاءِ الفَوَاكِهِ ; ( بَعْضَ الأَلْوَان Wacana yang memuat kosakata, dan ungkapan komunikatif sesuai tema/topik.
 Mengamati :
􀁸 Pengamatan:

􀁸Buku Teks yang relevan 􀁸Model Guru 􀁸CD/DVD Pembelajaran
* Menyimak pengucapan kosa kata sambil memperhatikan model guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya.                                               * Mencocokkan gambar dengan tulisan sesuai apa yang didengar.                                                             Menanya:·                                                                     * Melakukan tanya jawab sederhana tentang tema/topik yang dipelajari.                                                               * Menjawab pertanyaan dalam tema/topik secara lisan    * Menjawab pertanyaan lisan yang diajukan lawan bicara sesuai tema.                                                          Mengeksplorasi:                                                            * Melafalkan huruf-huruf hijaiyah, kata dan kalimat sesuai dengan yang diperdengarkan model melalui ucapan guru/kaset/film.                                                  * Drill pelafalan kosa kata                               Mengasosiasikan:                                                          * Merangkaikan huruf-huruf hijaiyyah menjadi kata         * Menyusun kata menjadi kalimat (jumlah) sederhana sesuai tema/topik.                                                            * Menyalin atau menulis kembali kata-kata atau kalimat yang didengar                                                                 * Menemukan makna kata                            Mengkomunikasikan:                                                    * Menunjukkan benda yang disebutkan oleh guru           * Menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat.    * Merespon perintah yang didengar                                * Mempraktekkan memperkenalkan diri dalam bentuk hiwar(dialog)                                                                   * Melakukan dialog (hiwar) sesuai dengan tema/topik secara lisan.
* Mengamati keaktifan dan keberanian siswa                 * Mengamati siswa cara pengucapan kosa kata        􀁸 Portofolio:                      * Mengumpulkan tugas sesuai tema/topik, seperti menarik garis sesuai gambar, mengisi nama sesuai gambar dsb.            * Kumpulan tugas berbahasa siswa seperti mengumpulkan daftar kosa kata beserta artinya.                           􀁸 Tes:                                        * Tes Lisan                     * Tes Tertulis                  * Unjuk kinerja (performan) Menpraktekkan percakapan sederhana        􀁸 Tugas :                        PR, Tugas perorangan/kelompok

* Mengidentifikasi bunyi kata

* Melafalkan bunyi kata (mufradat)
* Menunjukkan tulisan mufrodat sesuai yang didengar

3.2.  Mengenal makna dari ujaran kata (mufradat) terkait topik :
 ) العدد ۱ - ١٠ ;  أَسْمَاءُ الأَيَّامِ ;  بعْضَ أَسْمَاءِ الفَوَاكِهِ ; بَعْضَ الأَلْوَان (
* Mengidentifikasi makna kata mmufradat.





4.1.  Menirukan bunyi mufradat terkait topik : 
) العدد ۱ - ١٠ ;  أَسْمَاءُ الأَيَّامِ ;  بعْضَ أَسْمَاءِ الفَوَاكِهِ ; بَعْضَ الأَلْوَان (
* Melafalkan kembali kata atau kalimat yang didengar

4.2   Menyebutkan makna dari ujaran kata (mufradat) terkait topik :
) العدد ۱ - ١٠ ;  أَسْمَاءُ الأَيَّامِ ;  بعْضَ أَسْمَاءِ الفَوَاكِهِ ; بَعْضَ الأَلْوَان (
* Melafalkan bunyi ujaran dan makna ujaran (mufradat)             










Mengetahui,

Sengkang, 7 Januari 2016



Kepala Madrasah
Guru Bidang Studi

















JAMIL YUNUS,S.AG.
NURUL FADILAH




NIP.19731110 200003 1 002
NIP.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar