SILABUS
|
||||||
Nama Madrasah
|
: MIS As’adiyah 3 Sengkang
|
|||||
Mata Pelajaran
|
: Bahasa Arab
|
|||||
Kelas/Semester
|
: I (Satu) / I
|
|||||
Kompetensi Inti
|
|
|||||
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
||||||
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
|
||||||
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,
melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
mahluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya
dirumah dan disekolah.
|
||||||
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas , sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
|
||||||
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1.
Menerima anugerah Allah SWT berupa Bahasa Arab
|
|
.
|
Terintegrasi
|
Pengamatan Penilaian diri Penilaian antar teman
|
|
Buku Teks yang relevan Model
Guru CD/DVD Pembelajaran
|
1.2.
Menerima keberadaan Allah SWT atas penciptaan manusia dan bahasa yang
beragam
|
||||||
2.1.
Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud
benda melalui media bahasa Arab dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru
|
||||||
2.2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
|
||||||
3.1.
Mengenal bunyi mufradat terkait topik (عَمَلُ
اْلكَشْفِ ; التَّعَارُفُ ; اَلْأَدَوَاتُ اْلكِتَابِيَّةُ ; اَلْأَدَوَاتُ اْلمَدْرَسِيَّةُ) baik secara lisan maupun tulisan.
|
* Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyyah
|
Tema/ Topik:
(عمل الكشف ; التعارف ; الأدوات الكتابية ;
الأدوات المدرسية) Wacana
yang memuat kosakata, dan ungkapan komunikatif sesuai tema/topik.
|
Mengamati :
* Menyimak pengucapan
kosa kata sambil memperhatikan model guru/kaset/film dan menirukan pelafalan
dan intonasinya.
* Mencocokkan gambar dengan tulisan sesuai apa yang didengar. Menanya:·
* Melakukan tanya jawab sederhana tentang tema/topik yang
dipelajari.
* Menjawab pertanyaan dalam tema/topik secara lisan * Menjawab pertanyaan lisan yang diajukan
lawan bicara sesuai tema.
Mengeksplorasi:
* Melafalkan huruf-huruf hijaiyah, kata dan kalimat sesuai dengan
yang diperdengarkan model melalui ucapan guru/kaset/film.
* Drill pelafalan kosa kata
Mengasosiasikan: *
Merangkaikan huruf-huruf hijaiyyah menjadi kata * Menyusun kata menjadi kalimat
(jumlah) sederhana sesuai tema/topik.
* Menyalin atau menulis kembali kata-kata atau kalimat yang
didengar
* Menemukan makna kata Mengkomunikasikan:
* Menunjukkan benda yang disebutkan oleh guru * Menyusun kata/frasa yang
tersedia menjadi kalimat. * Merespon
perintah yang didengar * Mempraktekkan
memperkenalkan diri dalam bentuk hiwar(dialog)
* Melakukan dialog
(hiwar) sesuai dengan tema/topik secara lisan.
|
Pengamatan:
* Mengamati keaktifan dan keberanian
siswa * Mengamati siswa
cara pengucapan kosa kata
Portofolio: *
Mengumpulkan tugas sesuai tema/topik, seperti menarik garis sesuai gambar,
mengisi nama sesuai gambar dsb. * Kumpulan tugas berbahasa siswa
seperti mengumpulkan daftar kosa kata beserta artinya. Tes: * Tes
Lisan * Tes
Tertulis * Unjuk
kinerja (performan) Menpraktekkan percakapan sederhana Tugas : PR, Tugas
perorangan/kelompok
|
|
Buku Teks yang relevan Model
Guru CD/DVD Pembelajaran
|
|
||||||
* Mengidentifikasi bunyi kata
|
|
|||||
* Melafalkan bunyi kata (mufradat)
|
|
|||||
3.2.
Mengenal makna dari ujaran kata (mufradat) terkait topik :(عَمَلُ اْلكَشْفِ ; التَّعَارُفُ ; اَلْأَدَوَاتُ
اْلكِتَابِيَّةُ ; اَلْأَدَوَاتُ اْلمَدْرَسِيَّةُ)
|
* Mengidentifikasi makna kata
|
|
||||
* Menjawab berbagai pertanyaan tentang
tema/topik.
|
|
|||||
* Menyalin atau menulis kembali kata-kata dan
maknanya sesuai tema/topik
|
|
|||||
4.1.
Menirukan bunyi mufradat terkait topik :(عَمَلُ
اْلكَشْفِ ; التَّعَارُفُ ; اَلْأَدَوَاتُ اْلكِتَابِيَّةُ ;
اَلْأَدَوَاتُ اْلمَدْرَسِيَّةُ)
|
* Melafalkan kembali kata atau kalimat yang
didengar
|
|
||||
4.2
Menyebutkan makna dari ujaran kata (mufradat) terkait topik:(عَمَلُ اْلكَشْفِ ; التَّعَارُفُ ; اَلْأَدَوَاتُ
اْلكِتَابِيَّةُ ; اَلْأَدَوَاتُ اْلمَدْرَسِيَّةُ)
|
* Melafalkan bunyi ujaran dan makna ujaran
(mufradat)
*Mendemonstrasian perkenalan diri
|
|
||||
Mengetahui,
|
|
Sengkang, 7 Agustus 2015
|
||||
Kepala Madrasah
|
Guru Bidang Studi
|
|||||
JAMIL YUNUS,S.AG.
|
NURUL FADILAH
|
|||||
NIP.19731110 200003 1 002
|
NIP.
|
SILABUS
|
||||||
Nama Madrasah
|
: MIS As’adiyah 3 Sengkang
|
|||||
Mata Pelajaran
|
: Bahasa Arab
|
|||||
Kelas/Semester
|
: I (Satu) / II
|
|||||
Kompetensi Inti
|
|
|||||
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
||||||
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
|
||||||
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,
melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
mahluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya
dirumah dan disekolah.
|
||||||
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas , sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
|
||||||
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1.
Menerima anugerah Allah SWT berupa Bahasa Arab
|
|
Tema/ Topik:
( العدد
۱
- ١٠ ; أَسْمَاءُ الأَيَّامِ ; بعْضَ أَسْمَاءِ الفَوَاكِهِ ; ( بَعْضَ الأَلْوَان
Wacana yang memuat kosakata, dan ungkapan komunikatif sesuai tema/topik.
|
Terintegrasi
|
Pengamatan Penilaian diri Penilaian antar teman
|
|
Buku Teks yang relevan Model
Guru CD/DVD Pembelajaran
|
1.2.
Menerima keberadaan Allah SWT atas penciptaan manusia dan bahasa yang
beragam
|
||||||
2.1.
Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud
benda melalui media bahasa Arab dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru
|
||||||
2.2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
|
||||||
3.1.
Mengenal bunyi mufradat terkait topik ( العدد
۱
- ١٠ ; أَسْمَاءُ الأَيَّامِ ; بعْضَ أَسْمَاءِ الفَوَاكِهِ ; بَعْضَ الأَلْوَان) baik secara lisan maupun tulisan.
|
* Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyyah
|
Tema/ Topik: ( العدد ۱ - ١٠ ; أَسْمَاءُ
الأَيَّامِ ; بعْضَ أَسْمَاءِ الفَوَاكِهِ
; (
بَعْضَ الأَلْوَان Wacana yang memuat kosakata, dan
ungkapan komunikatif sesuai tema/topik.
|
Mengamati :
|
Pengamatan:
|
|
Buku Teks yang relevan Model
Guru CD/DVD Pembelajaran
|
* Menyimak pengucapan
kosa kata sambil memperhatikan model guru/kaset/film dan menirukan pelafalan
dan intonasinya.
* Mencocokkan gambar dengan tulisan sesuai apa yang didengar. Menanya:·
* Melakukan tanya jawab sederhana tentang tema/topik yang dipelajari.
* Menjawab pertanyaan dalam tema/topik secara lisan * Menjawab pertanyaan lisan yang diajukan
lawan bicara sesuai tema.
Mengeksplorasi:
* Melafalkan huruf-huruf hijaiyah, kata dan kalimat sesuai dengan
yang diperdengarkan model melalui ucapan guru/kaset/film.
* Drill pelafalan kosa kata Mengasosiasikan:
* Merangkaikan huruf-huruf hijaiyyah menjadi kata * Menyusun kata menjadi kalimat
(jumlah) sederhana sesuai tema/topik.
*
Menyalin atau menulis kembali kata-kata atau kalimat yang didengar
* Menemukan makna kata Mengkomunikasikan:
* Menunjukkan benda yang disebutkan oleh guru * Menyusun kata/frasa yang
tersedia menjadi kalimat. * Merespon
perintah yang didengar
* Mempraktekkan memperkenalkan diri dalam bentuk hiwar(dialog)
* Melakukan dialog (hiwar) sesuai dengan tema/topik secara lisan.
|
* Mengamati keaktifan dan keberanian
siswa * Mengamati siswa
cara pengucapan kosa kata
Portofolio: *
Mengumpulkan tugas sesuai tema/topik, seperti menarik garis sesuai gambar,
mengisi nama sesuai gambar dsb.
* Kumpulan tugas berbahasa siswa seperti mengumpulkan daftar kosa kata
beserta artinya. Tes: * Tes
Lisan * Tes
Tertulis * Unjuk
kinerja (performan) Menpraktekkan percakapan sederhana Tugas : PR, Tugas
perorangan/kelompok
|
|
||||
* Mengidentifikasi bunyi kata
|
|
|||||
* Melafalkan bunyi kata (mufradat)
* Menunjukkan tulisan mufrodat sesuai yang
didengar
|
|
|||||
3.2.
Mengenal makna dari ujaran kata (mufradat) terkait topik :
) العدد ۱ - ١٠ ; أَسْمَاءُ الأَيَّامِ
; بعْضَ أَسْمَاءِ الفَوَاكِهِ ; بَعْضَ
الأَلْوَان
(
|
* Mengidentifikasi makna kata mmufradat.
|
|
||||
|
|
|||||
|
||||||
4.1.
Menirukan bunyi mufradat terkait topik :
) العدد ۱
- ١٠ ; أَسْمَاءُ الأَيَّامِ ; بعْضَ أَسْمَاءِ الفَوَاكِهِ ; بَعْضَ الأَلْوَان
(
|
* Melafalkan kembali kata atau kalimat yang
didengar
|
|
||||
4.2
Menyebutkan makna dari ujaran kata (mufradat) terkait topik :
) العدد ۱
- ١٠ ; أَسْمَاءُ الأَيَّامِ ; بعْضَ أَسْمَاءِ الفَوَاكِهِ ; بَعْضَ الأَلْوَان
(
|
* Melafalkan bunyi ujaran dan makna ujaran
(mufradat)
|
|
||||
Mengetahui,
|
|
Sengkang, 7 Januari 2016
|
||||
Kepala Madrasah
|
Guru Bidang Studi
|
|||||
JAMIL YUNUS,S.AG.
|
NURUL FADILAH
|
|||||
NIP.19731110 200003 1 002
|
NIP.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar