Sabtu, 10 Oktober 2015

RPP PAI KTSP PER PERTEMUAN

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )

Nama Sekolah              :  SMKN 1 SENGKANG
Mata Pelajaran             : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester            : X / 1
Waktu                           : 2 x 45 menit (Pertemuan Pertama)
Aspek                          : Aqidah

A.   Standar Kompetensi
3.         Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat-sifatNya dalam Asmaul Husna.

B.   Kompetensi Dasar
3.1        Menyebutkan 10 sifat Allah  dalam Asmaul  Husna.
3.2        Menjelaskan arti  10 sifat Allah dalam Asmaul  Husna..

C.   Indikator Pencapaian Kompetensi  :
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
  Mampu  menyebutkan arti  sifat Allah.
  Mampu menyebutkan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
  Mampu menjelaskan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna.
  Mampu  menjabarkan 10 sifat Allah ke dalam sifat manusia
Religius, jujur, santun, disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai keberagaman, patuh pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak dan kewajiban, kerja keras, dan adil.

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
  Patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya.
  Toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain
  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

D.   Materi Ajar (Materi Pokok)
  Asmaul Husna :
- 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna
  Asmaul Husna :
- 10 Asmaul Husna dan artinya

E.   Metode Pembelajaran:
  Ceramah , tanya jawab dan Praktek

F.   Tujuan Pembelajaran
Siswa diharapkan mampu untuk :
  Mampu  menyebutkan arti  sifat Allah.
  Mampu menyebutkan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
  Mampu menjelaskan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna.
  Mampu  menjabarkan 10 sifat Allah ke dalam sifat manusia

G.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.   Kegiatan Awal
-      Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
-      Siswa menyiapkan kitab suci Al Qurán
-      Secara bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
-      Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.

b.   Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Elaborasi
Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi pembelajaran 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna
-      Guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
·         Pernahkah kalian mendengar orang lain membaca tentang 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna?
·         Pernahkah kalian membaca 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna?
·         Siapakah diantara kalian yang sudah hafal 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna?
-      Guru menunjuk seorang siswa yang sudah pernah mengetahui tentang 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna untuk memberikan opininya kepada teman-temannya di bawah bimbingan guru 2 sampai dengan 3 kali..                                                                                                                                                                                                                                     
-      Guru menjelaskan tentang 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna

Eksplorasi
-      Selanjutnya siswa menyebutkan sifat Allah yang terdapat dalam Q.S. Al-Baqarah ayat 163  dengan berpedoman kepada Al Qur’an dan terjemahan-nya atau sumber bacaan lainnya dengan pengamatan dari guru. 
-      Selanjutnya, guru mengajukan beberapa pertanyaan tentang arti Sifat Wahid  kepada siswa.
-      Setelah selesai guru menjelaskan 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna yang lain.
Konfirmasi
-      10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna  banyak mengandung nilai-nilai sikap dan perilaku yang utama.

c.   Kegiatan Akhir (Penutup)
-      Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari arti yang terkandung dalam 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna .
-      Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
-      Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
H.   Penilaian
  Tes tertulis

I.    Bahan/Sumber Belajar
  Al Quran dan terjemahan Departemen Agama RI
  Buku pelajaran PAI SMA kelas I

J.   Lembar Penilaian
I. Tes Tertulis
No.
Butir – butir Soal
Kunci Jawaban
1.
Allah SWT memiliki Sifat Wahid, arti Wahid adalah ..........
Esa
2.
 وَ بِذالِكَ لاَ شريك لهArti penggalan ayat tersebut adalah........

Tiada sekutu bagi-Nya, dan demikian itulah…
3.
Perilaku yang mencerminkan kepasrahan bahwa hanya Allahlah Tuhan yang wajib disembah tanpa terkecuali. Adalah cerminan sifat Allah …..

Wahid

II. Portofolio
Tes pengalaman dilakukan dengan menggunakan portofolio dimana guru mencatat pengalaman agama berdasarkan antara lain:
-      apa yang dilihat;
-      laporan rekan guru dan pegawai lainnya; dan
-      laporan dari orangtua murid atau siswa.
                                                                                   








                                                                                               
                            Mengetahui,                                                               Sengkang, 17 September 2015
                            Dosen Pembimbing Akademik Lapangan                      Mahasiswa



                            NURMIANTI, S.H.I, S.Pd.I                                        NURUL FADILAH
                            NIP.                                                                          NIM.12220040



                            Mengetahui,                                                               Mengetahui,
                            Kepala Sekolah                                                          Dosen Pembimbing



                            Drs. PARAWANGSA, M.Pd                                      Drs. H. M. YUSUF RAZAQ, M.Pd
                            NIP. 19630701 198803 1 018                                       NIP.



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )

Nama Sekolah              :  SMKN 1 SENGKANG
Mata Pelajaran             : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester            : X / 1
Waktu                           : 2 x 45 menit (Pertemuan Kedua)
Aspek                          : Aqidah


A.   Standar Kompetensi
3.         Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat-sifatNya dalam Asmaul Husna.

B.   Kompetensi Dasar
3.3        Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul  Husna.

C.   Indikator Pencapaian Kompetensi  :
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
  Mampu mempraktikkan sifat-sifat Allah yang sepatutnya bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari.
  Mampu menerapkan perilaku yang mencerminkan penghayatan terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna.
Religius, jujur, santun, disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai keberagaman, patuh pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak dan kewajiban, kerja keras, dan adil.

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
  Patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya.
  Toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain
  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

D.   Materi Ajar (Materi Pokok)
  Perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap 10 Asmaul  Husna

E.   Metode Pembelajaran:
  Ceramah , Tanya Jawab dan Diskusi

F.   Tujuan Pembelajaran
Siswa diharapkan mampu untuk :
  Mampu mempraktikkan sifat-sifat Allah yang sepatutnya bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari.
  Mampu menerapkan perilaku yang mencerminkan penghayatan terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna.

G.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

a.   Kegiatan Awal
-      Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
-      Siswa menyiapkan kitab suci Al Qurán
-      Secara bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
-      Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.

b.   Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Elaborasi
Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi pembelajaran 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna
-      Guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan.
-      Guru menunjuk seorang siswa untuk mengemukakan opininya terhadap perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul  Husna kepada teman-temannya di bawah bimbingan guru 2 sampai dengan 3 kali.
-      Setelah para siswa selesai mendengarkan secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk menerangkanya kembali.                                                                                                                                                                                                                                     

Eksplorasi
-      Guru menjelaskan kepada siswa akan hikmah yang terkandung dalam 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna.
-      Guru menugaskan kepada siswa untuk mendiskusikan tentang perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul  Husna secara berkelompok.
-      Siswa diminta untuk menyampaikan hasil diskusi kelompok.
-      Guru memberikan kesempatan kepada siswa yang lain untuk memberikan tanggapan.

Konfirmasi
-      10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna  banyak mengandung nilai-nilai sikap dan perilaku yang utama, seperti manusia adalah makhluk Allah yang mulia dan mampu melakukan segala sesuatu yang baru namun dibalik semua itu Allahlah  Yang Berkuasa dan Yang Menentukan . Jika direnungkan, betapa besar ketergantungan kita kepada-Nya.

c.   Kegiatan Akhir (Penutup)
-      Guru meminta agar para siswa sekali lagi tentang hikmah yang terkandung dalam 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna  sebagai penutup materi pembelajaran.
-      Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari arti dan hikmah yang terkandung dalam 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna .
-      Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
-      Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

H.   Penilaian
  Tes perbuatan (Performance Individu)

I.    Bahan/Sumber Belajar
  Al Quran dan terjemahan Departemen Agama RI
  Buku pelajaran PAI SMA kelas I

J.   Lembar Penilaian
      I. Tes Sikap
No.
Pernyataan
SS
S
TS
STS
1.
Ibadah seharusnya selalu diniatkan mencari Ridlo Allah dengan Keikhlasan dan selalu memurnikan niat.




2.
Allah Yang Berkuasa dan Yang Menentukan .




3.
Apakah akan aku jadikan pelindung selain dari Allah yang menjadikan langit dan bumi, padahal Dia memberi makan dan tidak memberi makan.




Keterangan :                                  Skor Tes Sikap:
SS = Sangat Setuju                         = 50
S   = Setuju                                    = 40
TS = Tidak Setuju                           = 10
STS= Sangat Tidak Setuju              = 0

II. Portofolio
Tes pengalaman dilakukan dengan menggunakan portofolio dimana guru mencatat pengalaman agama berdasarkan antara lain:
-      apa yang dilihat;
-      laporan rekan guru dan pegawai lainnya; dan
-      laporan dari orangtua murid atau siswa.
                                                                       



           
                                                                                               
                            Mengetahui,                                                               Sengkang, 1 Oktober 2015
                            Dosen Pembimbing Akademik Lapangan                      Mahasiswa



                            NURMIANTI, S.H.I, S.Pd.I                                        NURUL FADILAH
                            NIP.                                                                          NIM.12220040


                            Mengetahui,                                                               Mengetahui,
                            Kepala Sekolah                                                          Dosen Pembimbing



                            Drs. PARAWANGSA, M.Pd                                      Drs. H. M. YUSUF RAZAQ, M.Pd
                            NIP. 19630701 198803 1 018                                       NIP.



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )

Nama Sekolah              :  SMKN 1 SENGKANG
Mata Pelajaran             : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester            : X / 1
Waktu                           : 2 x 45 menit (Pertemuan Ketiga)
Aspek                          : Akhlak

A.   Standar Kompetensi
4.   Membiasakan perilaku terpuji.

B.   Kompetensi Dasar
4.1 Menyebutkan pengertian perilaku  husnuzhan.
4.2 Menyebutkan contoh-contoh  perilaku husnuzhan terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia.

C.   Indikator Pencapaian Kompetensi  :
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
  Mampu menyebutkan pengertian husnu zhan terhadap Allah.
  Mampu menyebutkan pengertian husnu zhan terhadap diri sendiri.
  Mampu menyebutkan pengertian husnu zhan terhadap sesama manusia.
  Mampu menyebutkan contoh husnu zhan terhadap Allah.
  Mampu menyebutkan contoh husnu zhan terhadap diri sendiri.
  Mampu menyebutkan contoh husnu zhan terhadap sesama manusia.
Religius, jujur, santun, disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai keberagaman, patuh pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak dan kewajiban, kerja keras, dan adil.

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
  Patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya.
  Toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain
  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

D.   Materi Ajar (Materi Pokok)
Husnuzhan :
- Pengertian Perilaku Husnuzhan

E.   Metode Pembelajaran:
  Ceramah , tanya jawab dan Praktek

F.   Tujuan Pembelajaran
Siswa diharapkan mampu untuk :
  Mampu menyebutkan pengertian husnu zhan terhadap Allah.
  Mampu menyebutkan pengertian husnu zhan terhadap diri sendiri.
  Mampu menyebutkan pengertian husnu zhan terhadap sesama manusia.
  Mampu menyebutkan contoh husnu zhan terhadap Allah.
  Mampu menyebutkan contoh husnu zhan terhadap diri sendiri.
  Mampu menyebutkan contoh husnu zhan terhadap sesama manusia.

G.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

a.  Kegiatan Awal
-      Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
-      Siswa menyiapkan kitab suci Al Qurán
-      Secara bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
-      Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.

b.  Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Elaborasi
Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi pengertian Perilaku Husnuzhan
-      Guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
·         Pernahkah kalian mendengar orang lain berbicara tentang perilaku husnuzhan?
·         Pernahkah kalian berperilaku husnuzhan?
·         Siapakah diantara kalian yang mengerti tentang arti perilaku husnuzhan?
-      Guru menunjuk seorang siswa yang sudah pernah mengetahui tentang perilaku husnuzhan untuk memberikan opininya kepada teman-temannya di bawah bimbingan guru.
-      Setelah para siswa selesai mendengarkan secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk menerangkanya kembali.
-      Guru menjelaskan tentang perilaku husnuzhan baik terhadap Allah maupun terhadap diri sendiri.

Eksplorasi
-      Selanjutnya siswa menyebutkan perilaku husnuzhan dari  sumber bacaan dengan pengamatan dari guru. 
-      Selanjutnya, guru mengajukan beberapa pertanyaan tentang arti perilaku husnuzhan  kepada siswa.
-      Setelah selesai guru menjelaskan perilaku husnuzhan.
-      Guru menugaskan kepada siswa untuk mendiskusikan tentang perilaku husnuzhan secara berkelompok.
-      Siswa diminta untuk menyampaikan hasil diskusi kelompok.

Konfirmasi
-      Perilaku husnuzhan  banyak mengandung nilai-nilai sikap dan perilaku yang utama, seperti selalu berfikir positif terhadap takdir Allah dan tidak berprasangka terhadap nikmat-Nya .

c.   Kegiatan Akhir (Penutup)
-      Guru meminta agar para siswa sekali lagi tentang hikmah yang terkandung dalam perilaku husnuzhan  sebagai penutup materi pembelajaran.
-      Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari arti yang terkandung dalam perilaku husnuzhan .
-      Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
-      Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

H.   Penilaian
  Tes perbuatan (Performance Individu)
  Tes tertulis

I.    Bahan/Sumber Belajar
  Al Quran dan terjemahan Departemen Agama RI
  Buku pelajaran PAI SMA kelas I

J.   Lembar Penilaian
I. Tes Tertulis
No.
Butir – butir Soal
Kunci Jawaban
1.
Apakah yang dimaksud dengan Husnuzhan itu.............
Berfikir dan bersikap yang baik. (Positif Thinking)
2.
Segala musibah yang terjadi di Negeri ini merupakan azab karena kesalahan kolektif dari pemimpin dan rakyat yang tidak menghendaki adanya syariat,dengan tanpa menyalahkan Allah. Merupakan cerminan dari……
Husnuzhan  terhadap Allah.
3.
Nanang berghorim kepada Udin sebesar Rp. 50.000 dan belum juga terlunasi. Sikap Udin membiarkan karena ia berpendapat bahwa Nanang sedang tidak ada uang dan mungkin tertimpa kesulitan.
Husnuzhan  terhadap sesama manusia.

III. Portofolio
Tes pengalaman dilakukan dengan menggunakan portofolio dimana guru mencatat pengalaman agama berdasarkan antara lain:
-      apa yang dilihat;
-      laporan rekan guru dan pegawai lainnya; dan
-      laporan dari orangtua murid atau siswa.



                            Mengetahui,                                                               Sengkang, 15 Oktober 2015
                            Dosen Pembimbing Akademik Lapangan                      Mahasiswa



                            NURMIANTI, S.H.I, S.Pd.I                                        NURUL FADILAH
                            NIP.                                                                          NIM.12220040


                            Mengetahui,                                                               Mengetahui,
                            Kepala Sekolah                                                          Dosen Pembimbing



                            Drs. PARAWANGSA, M.Pd                                      Drs. H. M. YUSUF RAZAQ, M.Pd
                            NIP. 19630701 198803 1 018                                       NIP.




Rencana Pelaksanaan Pembelajaran                                                                                                             ( R P P )

Nama Sekolah              :  SMKN 1 SENGKANG
Mata Pelajaran             : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester            : X / 1
Waktu                           : 2 x 45 menit (Pertemuan Keempat)
Aspek                          : Akhlak

A.   Standar Kompetensi
4.         Membiasakan perilaku terpuji.

B.   Kompetensi Dasar
4.3        Membiasakan perilaku husnuzhan dalam kehidupan sehari-hari.

C.   Indikator Pencapaian Kompetensi  :
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
  Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap Allah.
  Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap diri sendiri.
  Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap sesama manusia.
Religius, jujur, santun, disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai keberagaman, patuh pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak dan kewajiban, kerja keras, dan adil.

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
  Patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya.
  Toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain
  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

D.   Materi Ajar (Materi Pokok)
Husnuzhan :
- Pengertian Perilaku Husnuzhan

E.   Metode Pembelajaran:
  Ceramah , tanya jawab dan Diskusi

F.   Tujuan Pembelajaran
Siswa diharapkan mampu untuk :
  Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap Allah.
  Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap diri sendiri.
  Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap sesama manusia.

G.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

a.   Kegiatan Awal
-      Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
-      Siswa menyiapkan kitab suci Al Qurán
-      Secara bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
-      Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.

b.   Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Elaborasi
Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi pengertian Perilaku Husnuzhan
-      Guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan.
-      Guru menunjuk seorang siswa untuk memberikan opininya tentang perilaku husnuzhan dalam kehidupan sehari-hari kepada teman-temannya di bawah bimbingan guru.
-      Setelah para siswa selesai mendengarkan secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk menerangkanya kembali.
-      Guru menjelaskan tentang perilaku husnuzhan dalam kehidupan sehari-hari.

Eksplorasi
-      Selanjutnya siswa menyebutkan perilaku husnuzhan dalam kehidupan sehari-hari dari  sumber bacaan dengan pengamatan dari guru. 
-      Guru menjelaskan kepada siswa akan hikmah yang terkandung dalam perilaku husnuzhan.
-      Guru menugaskan kepada siswa untuk mendiskusikan tentang perilaku husnuzhan dalam kehidupan sehari-hari secara berkelompok.
-      Siswa diminta untuk menyampaikan hasil diskusi kelompok.
-      Guru memberikan kesempatan pada siswa yang lain untuk memberikan tanggapan.

Konfirmasi
-      Perilaku husnuzhan Jika direnungkan, betapa Indah dan mulianya bersikap positif tanpa prasangka .

c.   Kegiatan Akhir (Penutup)
-      Guru meminta agar para siswa sekali lagi tentang hikmah yang terkandung dalam perilaku husnuzhan  sebagai penutup materi pembelajaran.
-      Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari arti dan hikmah yang terkandung dalam perilaku husnuzhan .
-      Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
-      Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

H.   Penilaian
  Tes perbuatan (Performance Individu)

I.    Bahan/Sumber Belajar
  Al Quran dan terjemahan Departemen Agama RI
  Buku pelajaran PAI SMA kelas I

J.   Lembar Penilaian
I. Tes Sikap
No.
Pernyataan
SS
S
TS
STS
1.
Musibah datang dari Allah untuk memberikan pelajaran dan hikmah.




2.
Allah Yang Berkuasa dan Yang Menentukan .




3.
Tanamkan kebaikan sejak dini karena ia merupakan benih yang akan kita peroleh hasilnya dilain hari




dst
……………………………………………….






Keterangan :                                  Skor Tes Sikap:
SS = Sangat Setuju                         = 50
S   = Setuju                                    = 40
TS = Tidak Setuju                           = 10
STS= Sangat Tidak Setuju              = 0

II. Portofolio
Tes pengalaman dilakukan dengan menggunakan portofolio dimana guru mencatat pengalaman agama berdasarkan antara lain:
-      apa yang dilihat;
-      laporan rekan guru dan pegawai lainnya; dan
-      laporan dari orangtua murid atau siswa.
                                                                                   
                                               


                       
                            Mengetahui,                                                               Sengkang, 22 Oktober 2015
                            Dosen Pembimbing Akademik Lapangan                      Mahasiswa



                            NURMIANTI, S.H.I, S.Pd.I                                        NURUL FADILAH
                            NIP.                                                                          NIM.12220040


                            Mengetahui,                                                               Mengetahui,
                            Kepala Sekolah                                                          Dosen Pembimbing



                            Drs. PARAWANGSA, M.Pd                                      Drs. H. M. YUSUF RAZAQ, M.Pd
                            NIP. 19630701 198803 1 018                                       NIP.





Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )

Nama Sekolah              :  SMKN 1 SENGKANG
Mata Pelajaran             : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester            : X / 1
Waktu                           : 2 x 45 menit (Pertemuan Kelima)
Aspek                          : Fiqih


A.   Standar Kompetensi
5.         Memahami sumber hukum Islam, hukum taklifi, dan hikmah ibadah.

B.   Kompetensi Dasar
5.1        Menyebutkan pengertian, kedudukan dan fungsi   Al Qur’an,  Al Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam.

C.   Indikator Pencapaian Kompetensi  :
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
  Mampu menyebutkan pengertian Al-Quran, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
  Mampu menyebutkan kedudukan Al-Quran, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
  Mampu menyebutkan fungsi Al-Quran, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam.
Religius, jujur, santun, disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai keberagaman, patuh pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak dan kewajiban, kerja keras, dan adil.

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
  Patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya.
  Toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain
  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

D.   Materi Ajar (Materi Pokok)
Sumber hukum Islam:
  Al-Quran
­       Pengertian
­       Kedudukan
­       Fungsi
  Al-Hadits
­       Pengertian
­       Kedudukan
­       Fungsi
  Ijtihad
­       Pengertian
­       Kedudukan
­       Fungsi

E.   Metode Pembelajaran:
  Ceramah , tanya jawab dan Praktek

F.   Tujuan Pembelajaran
Siswa diharapkan mampu untuk :
  Mampu menyebutkan pengertian Al-Quran, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
  Mampu menyebutkan kedudukan Al-Quran, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
  Mampu menyebutkan fungsi Al-Quran, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam.

G.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

a.   Kegiatan Awal
-      Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
-      Siswa menyiapkan kitab suci Al Qurán
-      Secara bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
-      Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.

b.   Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Elaborasi
 Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi    Sumber hukum Islam.
-      Guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
­       Pernahkah kalian mendengar orang lain berbicara tentang Sumber hukum Islam ?
­       Pernahkah kalian menggunakan hukum Islam ?
­       Siapakah diantara kalian yang mengerti tentang arti Sumber hukum Islam ?
-      Guru menunjuk seorang siswa yang sudah pernah mengetahui tentang Sumber hukum Islam untuk memberikan opininya kepada teman-temannya di bawah bimbingan guru.
-      Setelah para siswa selesai mendengarkan secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk menerangkanya kembali.
-      Guru menjelaskan tentang sumber hukum Islam.

Eksplorasi
-      Selanjutnya siswa menyebutkan sumber hukum Islam  dari sumber bacaan dengan pengamatan dari guru. 
-      Selanjutnya, guru mengajukan beberapa pertanyaan tentang apakah yang menjadi sumber hukum Islam kepada siswa.
-      Setelah selesai guru menjelaskan tentang sumber hukum Islam.
-      Guru menjelaskan kepada siswa akan hikmah yang terkandung dalam sumber hukum Islam.
-      Guru menugaskan kepada siswa untuk mendiskusikan tentang sumber hukum Islam secara berkelompok.
-      Siswa diminta untuk menyampaikan hasil diskusi kelompok.

Konfirmasi
-      Islam akan tegak dan jaya jika umatnya selalu berpegang teguh dan selalu menggunakan hukum Islam, hanya pengecut dan penakut dan juga mereka  yang merasa bahwa dirinya adalah bukan ciptaan Allah – lah yang menolak-nya.

c.   Kegiatan Akhir (Penutup)
-      Guru meminta agar para siswa sekali lagi tentang hikmah yang terkandung dalam sumber hukum Islam  sebagai penutup materi pembelajaran.
-      Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari arti dan hikmah yang terkandung dalam sumber hukum Islam .
-      Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
-      Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

H.   Penilaian
  Tes perbuatan (Performance Individu)
  Tes tertulis

I.    Bahan/Sumber Belajar
  Al Quran dan terjemahan Departemen Agama RI
  Buku pelajaran PAI SMA kelas I




J.   Lembar Penilaian
I. Tes Tertulis
No.
Butir – butir Soal
Kunci Jawaban
1.
Apakah yang dimaksud dengan Al-Hadist itu.............
segala perkataan (sabda), perbuatan dan ketetapan dan persetujuan dari Nabi Muhammad SAW yang dijadikan ketetapan ataupun hukum dalam agama Islam
2.
Sebutkanlah macam-macam sumber hukum Islam……
Al-Qur’an, Al-Hadist, Ijma dan Qiyas
3.
Kalamullah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad untuk menyelamatkan manusia dari kegelapan menuju cahaya yang terang benderang adalah…..

Al-Qur’an

II. Portofolio
Tes pengalaman dilakukan dengan menggunakan portofolio dimana guru mencatat pengalaman agama berdasarkan antara lain:
-      apa yang dilihat;
-      laporan rekan guru dan pegawai lainnya; dan
-      laporan dari orangtua murid atau siswa.
                                                                                   
                                                                       
                            Mengetahui,                                                               Sengkang, 29 Oktober 2015
                            Dosen Pembimbing Akademik Lapangan                      Mahasiswa



                            NURMIANTI, S.H.I, S.Pd.I                                        NURUL FADILAH
                            NIP.                                                                          NIM.12220040


                            Mengetahui,                                                               Mengetahui,
                            Kepala Sekolah                                                          Dosen Pembimbing



                            Drs. PARAWANGSA, M.Pd                                      Drs. H. M. YUSUF RAZAQ, M.Pd
                            NIP. 19630701 198803 1 018                                       NIP.



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )

Nama Sekolah              :  SMKN 1 SENGKANG
Mata Pelajaran             : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester            : X / 1
Waktu                           : 2 x 45 menit (Pertemuan Keenam)
Aspek                          : Fiqih


A.   Standar Kompetensi
5.         Memahami sumber hukum Islam, hukum taklifi, dan hikmah ibadah.

B.   Kompetensi Dasar
5.1        Menyebutkan pengertian, kedudukan dan fungsi   Al Qur’an,  Al Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam.

C.   Indikator Pencapaian Kompetensi  :
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
  Mampu menyebutkan pengertian Al-Quran, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
  Mampu menyebutkan kedudukan Al-Quran, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
  Mampu menyebutkan fungsi Al-Quran, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam.
Religius, jujur, santun, disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai keberagaman, patuh pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak dan kewajiban, kerja keras, dan adil.

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
  Patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya.
  Toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain
  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

D.   Materi Ajar (Materi Pokok)
Sumber hukum Islam:
  Al-Quran
­       Pengertian
­       Kedudukan
­       Fungsi
  Al-Hadits
­       Pengertian
­       Kedudukan
­       Fungsi
  Ijtihad
­       Pengertian
­       Kedudukan
­       Fungsi

E.   Metode Pembelajaran:
  Ceramah , tanya jawab dan Praktek

F.   Tujuan Pembelajaran
Siswa diharapkan mampu untuk :
  Mampu menyebutkan pengertian Al-Quran, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
  Mampu menyebutkan kedudukan Al-Quran, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
  Mampu menyebutkan fungsi Al-Quran, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam.

G.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

a.   Kegiatan Awal
-      Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
-      Siswa menyiapkan kitab suci Al Qurán
-      Secara bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
-      Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.

b.   Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Elaborasi
 Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi    Sumber hukum Islam.
-      Guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
­       Pernahkah kalian mendengar orang lain berbicara tentang Sumber hukum Islam ?
­       Pernahkah kalian menggunakan hukum Islam ?
­       Siapakah diantara kalian yang mengerti tentang arti Sumber hukum Islam ?
-      Guru menunjuk seorang siswa yang sudah pernah mengetahui tentang Sumber hukum Islam untuk memberikan opininya kepada teman-temannya di bawah bimbingan guru.
-      Setelah para siswa selesai mendengarkan secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk menerangkanya kembali.
-      Guru menjelaskan tentang sumber hukum Islam.

Eksplorasi
-      Selanjutnya siswa menyebutkan sumber hukum Islam  dari sumber bacaan dengan pengamatan dari guru. 
-      Selanjutnya, guru mengajukan beberapa pertanyaan tentang apakah yang menjadi sumber hukum Islam kepada siswa.
-      Setelah selesai guru menjelaskan tentang sumber hukum Islam.
-      Guru menjelaskan kepada siswa akan hikmah yang terkandung dalam sumber hukum Islam.
-      Guru menugaskan kepada siswa untuk mendiskusikan tentang sumber hukum Islam secara berkelompok.
-      Siswa diminta untuk menyampaikan hasil diskusi kelompok.

Konfirmasi
-      Islam akan tegak dan jaya jika umatnya selalu berpegang teguh dan selalu menggunakan hukum Islam, hanya pengecut dan penakut dan juga mereka  yang merasa bahwa dirinya adalah bukan ciptaan Allah – lah yang menolak-nya.

c.   Kegiatan Akhir (Penutup)
-      Guru meminta agar para siswa sekali lagi tentang hikmah yang terkandung dalam sumber hukum Islam  sebagai penutup materi pembelajaran.
-      Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari arti dan hikmah yang terkandung dalam sumber hukum Islam .
-      Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
-      Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

H.   Penilaian
  Tes perbuatan (Performance Individu)
  Tes tertulis

I.    Bahan/Sumber Belajar
  Al Quran dan terjemahan Departemen Agama RI
  Buku pelajaran PAI SMA kelas I




J.   Lembar Penilaian
I. Tes Tertulis
No.
Butir – butir Soal
Kunci Jawaban
1.
Apakah yang dimaksud dengan Al-Hadist itu.............
segala perkataan (sabda), perbuatan dan ketetapan dan persetujuan dari Nabi Muhammad SAW yang dijadikan ketetapan ataupun hukum dalam agama Islam
2.
Sebutkanlah macam-macam sumber hukum Islam……
Al-Qur’an, Al-Hadist, Ijma dan Qiyas
3.
Kalamullah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad untuk menyelamatkan manusia dari kegelapan menuju cahaya yang terang benderang adalah…..

Al-Qur’an

II. Portofolio
Tes pengalaman dilakukan dengan menggunakan portofolio dimana guru mencatat pengalaman agama berdasarkan antara lain:
-      apa yang dilihat;
-      laporan rekan guru dan pegawai lainnya; dan
-      laporan dari orangtua murid atau siswa.
                                                                                   
                                                                       


                            Mengetahui,                                                               Sengkang, 5 November 2015
                            Dosen Pembimbing Akademik Lapangan                      Mahasiswa



                            NURMIANTI, S.H.I, S.Pd.I                                        NURUL FADILAH
                            NIP.                                                                          NIM.12220040


                            Mengetahui,                                                               Mengetahui,
                            Kepala Sekolah                                                          Dosen Pembimbing



                            Drs. PARAWANGSA, M.Pd                                      Drs. H. M. YUSUF RAZAQ, M.Pd
                            NIP. 19630701 198803 1 018                                       NIP.



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )

Nama Sekolah              :  SMKN 1 SENGKANG
Mata Pelajaran             : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester            : X / 1
Waktu                           : 2 x 45 menit (Pertemuan Ketujuh)
Aspek                          : Fiqih

A.   Standar Kompetensi
5.         Memahami sumber hukum Islam, hukum taklifi, dan hikmah ibadah.

B.   Kompetensi Dasar
5.2        Menjelaskan pengertian,  kedudukan, dan fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam.

C.   Indikator Pencapaian Kompetensi  :
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
  Mampu Menjelaskan pengertian hukum taklifi dalam hukum Islam.
  Mampu menjelaskan kedudukan hukum taklifi dalam hukum Islam.
  Menjelaskan fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam.
Religius, jujur, santun, disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai keberagaman, patuh pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak dan kewajiban, kerja keras, dan adil.

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
  Patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya.
  Toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain
  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

D.   Materi Ajar (Materi Pokok)
  Hukum Taklifi
­       Pengertian hukum taklifi.
­       Kedudukan hukum taklifi.
­       Fungsi Hukum Taklifi dalam Hukum Islam

E.   Metode Pembelajaran:
  Ceramah , tanya jawab dan Praktek

F.   Tujuan Pembelajaran
Siswa diharapkan mampu untuk :
  Menjelaskan pengertian hukum taklifi dalam hukum Islam
  Menjelaskan kedudukan hukum taklifi dalam hukum Islam
  Menjelaskan fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam.

G.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.   Kegiatan Awal
-      Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
-      Siswa menyiapkan kitab suci Al Qurán
-      Secara bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
-      Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.

b.   Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Elaborasi
   Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi   hukum taklifi dalam hukum Islam
Guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
­       Pernahkah kalian mendengar orang lain berbicara tentang hukum taklifi dalam hukum Islam ?
­       Pernahkah kalian menggunakan hukum taklifi dalam hukum Islam ?
­       Siapakah diantara kalian yang mengerti tentang arti hukum taklifi dalam hukum Islam ?
-      Guru menunjuk seorang siswa yang sudah pernah mengetahui tentang Sumber hukum Islam untuk memberikan opininya kepada teman-temannya di bawah bimbingan guru.
-      Setelah para siswa selesai mendengarkan secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk menerangkanya kembali.
-      Guru menjelaskan tentang hukum taklifi dalam hukum Islam.

Eksplorasi
-      Selanjutnya siswa menyebutkan hukum taklifi dalam hukum Islam  dari sumber bacaan dengan pengamatan dari guru. 
-      Selanjutnya, guru mengajukan beberapa pertanyaan tentang hukum taklifi dalam hukum Islam kepada siswa.
-      Setelah selesai guru menjelaskan tentang hukum taklifi dalam hukum Islam.
-      Guru menjelaskan kepada siswa akan hikmah yang terkandung dalam hukum taklifi dalam hukum Islam.
-      Guru menugaskan kepada siswa untuk mendiskusikan tentang hukum taklifi dalam hukum Islam secara berkelompok.
-      Siswa diminta untuk menyampaikan hasil diskusi kelompok.

Konfirmasi
-      Islam akan tegak dan jaya jika umatnya selalu berpegang teguh dan selalu menggunakan hukum Islam.

c.   Kegiatan Akhir (Penutup)
-      Guru meminta agar para siswa sekali lagi tentang hikmah yang terkandung dalam hukum taklifi dalam hukum Islam sebagai penutup materi pembelajaran.
-      Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari arti dan hikmah yang terkandung dalam hukum taklifi dalam hukum Islam.
-      Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
-      Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

H.   Penilaian
  Tes perbuatan (Performance Individu)
  Tes tertulis

I.    Bahan/Sumber Belajar
  Al Quran dan terjemahan Departemen Agama RI
  Buku pelajaran PAI SMA kelas I

J.   Lembar Penilaian
I. Tes Tertulis
No.
Butir – butir Soal
Kunci Jawaban
1.
Jelaskan pengertian hukum taklifi dalam hukum Islam
Tuntunan Allah yang berkaitan dengan perintah atau larangan melakukan sesautu perbuatan
2.
Jelaskan kedudukan hukum taklifi dalam hukum Islam

Dijadikan dasar untuk mengidentifikasi segala macam perbuatan atau tindakan di dalam kehidupan sehari-hari.
3.
Jelaskan fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam.

Untuk meningkatkan kepatuhan-Nya, melaksanakan semua perintah-perintah-Nya, dan ketaatan-Nya serta meninggalkan larangan-larangan-Nya
II. Portofolio
Tes pengalaman dilakukan dengan menggunakan portofolio dimana guru mencatat pengalaman agama berdasarkan antara lain:
-      apa yang dilihat;
-      laporan rekan guru dan pegawai lainnya; dan
-      laporan dari orangtua murid atau siswa.
                                   


                                               
                                                                       
                            Mengetahui,                                                               Sengkang, 12 November 2015
                            Dosen Pembimbing Akademik Lapangan                      Mahasiswa



                            NURMIANTI, S.H.I, S.Pd.I                                        NURUL FADILAH
                            NIP.                                                                          NIM.12220040


                            Mengetahui,                                                               Mengetahui,
                            Kepala Sekolah                                                          Dosen Pembimbing



                            Drs. PARAWANGSA, M.Pd                                      Drs. H. M. YUSUF RAZAQ, M.Pd
                            NIP. 19630701 198803 1 018                                       NIP.






Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )

Nama Sekolah              :  SMKN 1 SENGKANG
Mata Pelajaran             : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester            : X / 1
Waktu                           : 2 x 45 menit (Pertemuan Kedelapan)
Aspek                          : Fiqih


A.   Standar Kompetensi
5.         Memahami sumber hukum Islam, hukum taklifi, dan hikmah ibadah.

B.   Kompetensi Dasar
5.3        Menerapkan hukum taklifi dalam kehidupan sehari-hari.

C.   Indikator Pencapaian Kompetensi  :
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
  Mampu menjelaskan bentuk penerapan hukum taklifi dalam kehidupan sehari-hari
  Mampu menerapkan hukum taklifi dalam kehidupan sehari-hari.
Religius, jujur, santun, disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai keberagaman, patuh pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak dan kewajiban, kerja keras, dan adil.

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
  Patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya.
  Toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain
  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

D.   Materi Ajar (Materi Pokok)
  Hukum taklifi :
­       Penerapan hukum taklifi dalam kehidupan sehari-hari.

E.   Metode Pembelajaran:
  Ceramah , tanya jawab dan Praktek

F.   Tujuan Pembelajaran
Siswa diharapkan mampu untuk :
  Mampu menjelaskan bentuk penerapan hukum taklifi dalam kehidupan sehari-hari
  Mampu menerapkan hukum taklifi dalam kehidupan sehari-hari.

G.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.   Kegiatan Awal
-      Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
-      Siswa menyiapkan kitab suci Al Qurán
-      Secara bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
-      Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.

b.   Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Elaborasi
 Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi    Sumber hukum Islam.
-      Guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
­       Pernahkah kalian menerapan hukum taklifi dalam kehidupan sehari-hari ?
­       Siapakah diantara kalian yang mengerti penerapan hukum taklifi dalam kehidupan sehari-hari ?
-      Guru menunjuk seorang siswa yang sudah pernah mengetahui tentang Sumber hukum Islam untuk memberikan opininya kepada teman-temannya di bawah bimbingan guru.
-      Setelah para siswa selesai mendengarkan secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk menerangkanya kembali.
-      Guru menjelaskan tentang penerapan hukum taklifi dalam kehidupan sehari-hari.

Eksplorasi
-      Selanjutnya siswa mengumpulkan materi terkait penerapan hukum taklifi dalam kehidupan sehari-hari dari sumber bacaan dengan pengamatan dari guru. 
-      Guru menugaskan kepada siswa untuk mendiskusikan tentang sumber hukum Islam secara berkelompok.
-      Siswa diminta untuk menyampaikan hasil diskusi kelompok.
-      Guru memberi kesempatan kepada siswa yang lain untuk memberikan tanggapanya
-      Guru dan siswa menyimpulkan hasil diskusi bersama.

Konfirmasi
-      Islam akan tegak dan jaya jika umatnya selalu berpegang teguh dan selalu menggunakan hukum Islam, hanya pengecut dan penakut dan juga mereka  yang merasa bahwa dirinya adalah bukan ciptaan Allah – lah yang menolak-nya.

c.   Kegiatan Akhir (Penutup)
-      Guru meminta agar para siswa sekali lagi tentang hikmah yang terkandung dalam penerapan hukum taklifi dalam kehidupan sehari-hari Islam  sebagai penutup materi pembelajaran.
-      Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari arti dan hikmah yang terkandung dalam penerapan hukum taklifi dalam kehidupan sehari-hari.
-      Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
-      Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

H.   Penilaian
  Tes perbuatan (Performance Individu)
  Tes tertulis

I.    Bahan/Sumber Belajar
  Al Quran dan terjemahan Departemen Agama RI
  Buku pelajaran PAI SMA kelas I

J.   Lembar Penilaian
I. Tes Sikap
No.
Pernyataan
SS
S
TS
STS
1.
Jika kita merasa makhluk ciptaan Allah maka korelasinya kita menggunakan hukum sang pembuat kita yaitu hukum Allah (Islam).




2.
Negara akan hancur dan selalu dilanda musibah jika tidak berlandaskan pada hukum Islam.




3.
Islam akan jaya jika kita menggunakan hukum Islam.




dst
……………………………………………….




Keterangan :                                  Skor Tes Sikap:
SS = Sangat Setuju                         = 50
S   = Setuju                                    = 40
TS = Tidak Setuju                           = 10
STS= Sangat Tidak Setuju              = 0

II. Portofolio
Tes pengalaman dilakukan dengan menggunakan portofolio dimana guru mencatat pengalaman agama berdasarkan antara lain:
-      apa yang dilihat;
-      laporan rekan guru dan pegawai lainnya; dan
-      laporan dari orangtua murid atau siswa.
                                   



                                               
                                                                       
                            Mengetahui,                                                               Sengkang, 19 November 2015
                            Dosen Pembimbing Akademik Lapangan                      Mahasiswa



                            NURMIANTI, S.H.I, S.Pd.I                                        NURUL FADILAH
                            NIP.                                                                          NIM.12220040


                            Mengetahui,                                                               Mengetahui,
                            Kepala Sekolah                                                          Dosen Pembimbing



                            Drs. PARAWANGSA, M.Pd                                      Drs. H. M. YUSUF RAZAQ, M.Pd
                            NIP. 19630701 198803 1 018                                       NIP.




Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )

Nama Sekolah              :  SMKN 1 SENGKANG
Mata Pelajaran             : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester            : X / 1
Waktu                           :  2 x 45 menit (Pertemuan Kesembilan)
Aspek                          :  Tarikh dan Kebudayaan Islam

A.   Standar Kompetensi
6.         Memahami keteladanan Rasulullah dalam membina umat periode Makkah.

B.   Kompetensi Dasar
6.1        Menceritakan  sejarah dakwah Rasulullah SAW periode Mekkah

C.   Indikator Pencapaian Kompetensi  :
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
  Mampu menjelaskan sejarah dakwah Rasulullah pada periode Makkah.
  Mampu menunjukkan profil dakwah Rasulullah SAW pada periode makkah.
  Mampu menjelaskan pengaruh dakwah Rasulullah SAW terhadap umat.
Religius, jujur, santun, disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai keberagaman, patuh pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak dan kewajiban, kerja keras, dan adil.

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
  Patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya.
  Toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain
  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

D.   Materi Ajar (Materi Pokok)
Keteladanan Rasulullah SAW :
  Dakwah Rasulullah SAW pada periode Mekkah.

E.   Metode Pembelajaran:
  Ceramah , tanya jawab, Diskusi dan Praktek

F.   Tujuan Pembelajaran
Siswa diharapkan mampu untuk :
  Mampu menjelaskan sejarah dakwah Rasulullah pada periode Makkah.
  Mampu menunjukkan profil dakwah Rasulullah SAW pada periode makkah.
  Mampu menjelaskan pengaruh dakwah Rasulullah SAW terhadap umat.

G.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.   Kegiatan Awal
-      Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
-      Siswa menyiapkan kitab suci Al Qurán
-      Secara bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
-      Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.
b.   Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Elaborasi
         Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi     keteladanan Rasulullah SAW.
-      Guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
·         Pernahkah kalian mendengar orang lain berbicara tentang Keteladanan Rasulullah SAW ?
·         Pernahkah kalian membaca tentang kisah Keteladanan Rasulullah SAW?
·         Siapakah diantara kalian yang mengerti tentang Keteladanan Rasulullah SAW ?
-      Guru menunjuk seorang siswa yang sudah pernah mengetahui tentang Keteladanan Rasulullah SAW untuk memberikan opininya kepada teman-temannya di bawah bimbingan guru.
-      Setelah para siswa selesai mendengarkan secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk menerangkanya kembali.
-      Guru menjelaskan tentang Keteladanan Rasulullah SAW.

Eksplorasi
-      Selanjutnya siswa menyebutkan kisah tentang Keteladanan Rasulullah SAW dari sumber bacaan dengan pengamatan dari guru. 
-      Selanjutnya, guru mengajukan beberapa pertanyaan tentang apakah yang harus diteladani dari Rasulullah SAW kepada siswa.
-      Setelah selesai guru menjelaskan tentang kisah Keteladanan Rasulullah SAW
-      Guru menjelaskan kepada siswa akan hikmah keteladanan Rasulullah SAW.
-      Guru menugaskan kepada siswa untuk mendiskusikan tentang keteladanan Rasulullah SAW secara berkelompok.
-      Siswa diminta untuk menyampaikan hasil diskusi kelompok.

Konfirmasi
-      Rasullullah SAW adalah suri tauladan utama yang mengajarkan umat tentang akhlakul karimah kepada umat. Oleh sebab itu dengan akhlakul karimah kita menjadi rahmatan lil alamin.

c.   Kegiatan Akhir (Penutup)
-      Guru meminta agar para siswa sekali lagi tentang hikmah yang terkandung dalam keteladanan Rasulullah SAW  sebagai penutup materi pembelajaran.
-      Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari arti dan hikmah yang terkandung dalam keteladanan Rasulullah SAW.
-      Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
-      Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

H.   Penilaian
  Tes perbuatan (Performance Individu)
  Tes tertulis

I.    Bahan/Sumber Belajar
  Al Quran dan terjemahan Departemen Agama RI
  Buku pelajaran PAI SMA kelas I

J.   Lembar Penilaian
I. Tes Tertulis
No.
Butir – butir Soal
Kunci Jawaban
1.
Maka (apakah) barangkali kamu akan membunuh dirimu karena bersedih hati setelah mereka berpaling, sekiranya mereka tidak beriman kepada keterangan ini (Al-Quran).Siapakah yang dimaksud kamu dalam ayat tersebut….

Nabi Muhammad SAW

2.
Sebutkanlah macam-macam sumber hukum Islam……
Al-Qur’an, Al-Hadist, Ijma dan Qiyas
3.
Sebutkan contoh-contoh keteladanan Rasullullah dalam periode Makkah
Contoh dalam syariat : tidak ada lagi beban-beban yang berat yang dipikulkan kepada Bani Israil. Umpamanya: mensyari'atkan membunuh diri untuk sahnya taubat, mewajibkan kisas pada pembunuhan baik yang disengaja atau tidak tanpa membolehkan membayar diat, memotong anggota badan yang melakukan kesalahan, membuang atau menggunting kain yang kena najis

II. Portofolio
Tes pengalaman dilakukan dengan menggunakan portofolio dimana guru mencatat pengalaman agama berdasarkan antara lain:
-      apa yang dilihat;
-      laporan rekan guru dan pegawai lainnya; dan
-      laporan dari orangtua murid atau siswa.
                                                                                   
                       

                                               
                            Mengetahui,                                                               Sengkang, 26 November 2015
                            Dosen Pembimbing Akademik Lapangan                      Mahasiswa



                            NURMIANTI, S.H.I, S.Pd.I                                        NURUL FADILAH
                            NIP.                                                                          NIM.12220040


                            Mengetahui,                                                               Mengetahui,
                            Kepala Sekolah                                                          Dosen Pembimbing



                            Drs. PARAWANGSA, M.Pd                                      Drs. H. M. YUSUF RAZAQ, M.Pd
                            NIP. 19630701 198803 1 018                                       NIP.





            Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )

Nama Sekolah              :  SMKN 1 SENGKANG
Mata Pelajaran             : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester            : X / 1
Waktu                           :  4 x 45 menit (Pertemuan Kesepuluh)
Aspek                          :  Tarikh dan Kebudayaan Islam

A.   Standar Kompetensi
6.         Memahami keteladanan Rasulullah dalam membina umat periode Makkah.

B.   Kompetensi Dasar
6.2        Mendeskripsikan substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah

C.   Indikator Pencapaian Kompetensi  :
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
  Mampu menjelaskan substansi dakwah Rasulullah periode Makkah.
  Mampu menjelaskan strategi dakwah Rasulullah periode Makkah.
Religius, jujur, santun, disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai keberagaman, patuh pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak dan kewajiban, kerja keras, dan adil.

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
  Patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya.
  Toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain
  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

D.   Materi Ajar (Materi Pokok)
Keteladanan Rasulullah SAW :
  Substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah

E.   Metode Pembelajaran:
  Ceramah , tanya jawab,dan diskusi.

F.   Tujuan Pembelajaran
Siswa diharapkan mampu untuk :
  Mampu menjelaskan substansi dakwah Rasulullah periode Makkah.
  Mampu menjelaskan strategi dakwah Rasulullah periode Makkah.

G.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

a.   Kegiatan Awal
-      Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
-      Siswa menyiapkan kitab suci Al Qurán
-      Secara bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
-      Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.
b.   Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Elaborasi
         Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi  substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah.
-      Guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
·         Pernahkah kalian mendengar orang lain berbicara tentang substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah?
·         Pernahkah kalian membaca tentang substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah?
·         Siapakah diantara kalian yang mengerti tentang substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah
-      Guru menunjuk seorang siswa yang sudah pernah mengetahui tentang substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah untuk memberikan opininya kepada teman-temannya di bawah bimbingan guru.
-      Setelah para siswa selesai mendengarkan secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk menerangkanya kembali.
-      Guru menjelaskan tentang Keteladanan Rasulullah SAW.

Eksplorasi
-      Selanjutnya siswa menyebutkan kisah tentang substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah dari sumber bacaan dengan pengamatan dari guru. 
-      Selanjutnya, guru mengajukan beberapa pertanyaan tentang substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah kepada siswa.
-      Setelah selesai guru menjelaskan tentang substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah keteladanan Rasulullah SAW.
-      Guru menugaskan kepada siswa untuk mendiskusikan tentang substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah secara berkelompok.
-      Siswa diminta untuk menyampaikan hasil diskusi kelompok.

Konfirmasi
-      Rasullullah SAW adalah suri tauladan utama yang mengajarkan umat tentang akhlakul karimah kepada umat. Oleh sebab itu dengan akhlakul karimah kita menjadi rahmatan lilngalamin.


c.   Kegiatan Akhir (Penutup)
-      Guru meminta agar para siswa sekali lagi tentang hikmah yang terkandung substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah sebagai penutup materi pembelajaran.
-      Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari arti dan hikmah yang terkandung dalam substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah.
-      Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
-      Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

H.   Penilaian
  Tes perbuatan (Performance Individu)
  Tes tertulis

I.    Bahan/Sumber Belajar
  Al Quran dan terjemahan Departemen Agama RI
  Buku pelajaran PAI SMA kelas I

J.   Lembar Penilaian

I. Tes Sikap
No.
Pernyataan
SS
S
TS
STS
1.
Rasullullah SAW, memiliki strategi dalam berdakwah




2.
Dakwah yang dilakukan Rasullullah SAW di Mekkah menggunakan cara-cara yang baik.




3.
Akhlakul-Karimah adalah strategi dakwah Rasullullah SAW.




dst
……………………………………………….




Keterangan :                                  Skor Tes Sikap:
SS = Sangat Setuju                         = 50
S   = Setuju                                    = 40
TS = Tidak Setuju                           = 10
STS= Sangat Tidak Setuju              = 0

II. Portofolio
Tes pengalaman dilakukan dengan menggunakan portofolio dimana guru mencatat pengalaman agama berdasarkan antara lain:
-      apa yang dilihat;
-      laporan rekan guru dan pegawai lainnya; dan
-      laporan dari orangtua murid atau siswa.
                                                                                   
                                                           

           
                            Mengetahui,                                                               Sengkang, 3 Desember 2015
                            Dosen Pembimbing Akademik Lapangan                      Mahasiswa



                            NURMIANTI, S.H.I, S.Pd.I                                        NURUL FADILAH
                            NIP.                                                                          NIM.12220040


                            Mengetahui,                                                               Mengetahui,
                            Kepala Sekolah                                                          Dosen Pembimbing



                            Drs. PARAWANGSA, M.Pd                                      Drs. H. M. YUSUF RAZAQ, M.Pd
                            NIP. 19630701 198803 1 018                                       NIP.