Sabtu, 13 September 2014

contoh RPP K13 STUDI bahasa arab



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Madrasah          : MIS As’adiyah No.3 Sengkang
Mata Pelajaran                        : Bahasa Arab
Kelas / Semester          : IV/ I
1. Kompetensi Inti

KI 1 : Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama Islam.
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan
tetangganya serta cinta tanah air.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dankegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis danlogis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
2. Kompetensi Dasar
1.1        Meresapi makna anugerah Allah SWT berupa bahasa Arab
1.2        Mengakui dan mensyukuri anugerah Allah SWT atas  terciptanya bahasa yang beragam
 2.1    Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud benda melalui media bahasa Arab dalam berinteraksi dengan keluarga, teman tetangga dan guru 
 2.2   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga dan guru
 3.1   Mengidentifikasi bunyi  huruf, kata, frasa,dan kalimat sederhana terkait topik :
التَّعْرِفُ بِالنَّفْسِ ؛ اَلْأَدَوَاتُ اْلمَدْرَسِيَّةُ ؛ أَصْحَابُ اْلمِهْنَةِ
baik secara lisan maupun tertulis
 3.2    Menemukan makna dari ujaran kata, frasa,dan kalimat sederhana terkait topik :
  التَّعْرِفُ بِالنَّفْسِ ؛ اَلْأَدَوَاتُ اْلمَدْرَسِيَّةُ ؛ أَصْحَابُ اْلمِهْنَةِ
 3.3   Memahami bentuk kata, frasa,dan kalimat sederhana terkait topik :
  التَّعْرِفُ بِالنَّفْسِ ؛ اَلْأَدَوَاتُ اْلمَدْرَسِيَّةُ ؛ أَصْحَابُ اْلمِهْنَةِ
 3.4    Memahami kata, frasa,dan kalimat sederhana secara lisan dan tertulis terkait       
        topik :
  التَّعْرِفُ بِالنَّفْسِ ؛ اَلْأَدَوَاتُ اْلمَدْرَسِيَّةُ ؛ أَصْحَابُ اْلمِهْنَةِ
 4.1   Melafalkan bunyi huruf , kata, frasa,dan kalimat  bahasa Arab terkait topik :
  التَّعْرِفُ بِالنَّفْسِ ؛ اَلْأَدَوَاتُ اْلمَدْرَسِيَّةُ ؛ أَصْحَابُ اْلمِهْنَةِ
 4.2    Menyampaikan makna dari ujaran kata, frasa,dan kalimat   sederhana terkait
          topik :
  التَّعْرِفُ بِالنَّفْسِ ؛ اَلْأَدَوَاتُ اْلمَدْرَسِيَّةُ ؛ أَصْحَابُ اْلمِهْنَةِ
1.3        Menggunakan kata, frasa,dan kalimat sederhana terkait topik :
  التَّعْرِفُ بِالنَّفْسِ ؛ اَلْأَدَوَاتُ اْلمَدْرَسِيَّةُ ؛ أَصْحَابُ اْلمِهْنَةِ
1.4        Mengungkapkan kata, frasa,dan kalimat   sederhana secara lisan dan tertulis terkait topik :
  التَّعْرِفُ بِالنَّفْسِ ؛ اَلْأَدَوَاتُ اْلمَدْرَسِيَّةُ ؛ أَصْحَابُ اْلمِهْنَةِ
Pelajaran 1 :  التَّعْرِفُ بِالنَّفْسِ
A. Qira’ah ( اَلْقِرَاءَةُ (
    1. Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar
a. Mampu melafalkan teks qira’ah tentang   التَّعْرِفُ بِالنَّفْسِ dengan benar
b. Mampu menerjemahkan teks qira’ah tentang   التَّعْرِفُ بِالنَّفْسِ dengan benar
c. Mampu mempraktekkan bacaan teks qira’ah tentang   التَّعْرِفُ بِالنَّفْسِ dengan benar
d. Mampu menyebutkan nama dalam bahasa Arab dengan benar
Bahasa Arab - Kurikulum 2013
   2. Tujuan Pembelajaran
       Setelah mengamati, menanya peserta didik mampu :
a. Melafalkan teks qira’ah tentang   التَّعْرِفُ بِالنَّفْسِ dengan benar
b. Menerjemahkan teks qira’ah tentang   التَّعْرِفُ بِالنَّفْسِ dengan benar
c. Mempraktekkan bacaan teks qira’ah tentang   التَّعْرِفُ بِالنَّفْسِ dengan  benar
d. Memperkenalkan diri dengan menggunakan bahasa Arab
3. Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
4. Materi Pokok
اَلْقِرَاءَةُ
·      اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَتُهُ ، أَنَا خَالِدٌ ، أَنَا تِلْمِيْذٌ ، أَنْتَ أَحْمَدُ ، أَنْتَ تِلْمِيْذٌ ، هَذَا عُمَرُ ، هُوَ تِلْمِيْذٌ ، ذَالِكَ السَّيِّدُ رِضْوَانُ ، هُوَ مُدَرِّسٌ
·      صَبَاحَ اْلخَيْرِ ! أَنَا خَاديجة ، أَنَا تِلْمِيْذَةٌ ، أَنْتِ فَاطِمَةُ ، أَنْتِ تِلْمِيْذَةٌ ، هَذِهِ عَائِشَةُ ، هِيَ تِلْمِيْذَةٌ ، تِلْكَ السَّيِّدَةُ فَرِيْدَةُ ، هِيَ مُدَرِّسَةٌ
  5. Proses Pembelajaran

Kegiatan
Rincian
Alokasi Waktu
Pendahuluan
ü  Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.
ü  Guru membiasakan mengajak peserta didik membuka pelajaran dengan Bahasa Arab berupa ucapan basmalah
هَيَّا بِنَا نَفْتَتِحُ دَرْسَنَا بِقِرَاءَةِ اْلبَسْمَلَةِ
ü  Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian .
ü  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
ü  Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif pengalaman peserta didik dan dikaitkan dengan tema  التَّعْرِفُ بِالنَّفْسِ
10 menit
Inti
ü  Guru meminta peserta didik mengamati gambar anak sedang berkenalan dengan temannya
ü  Peserta didik mengemukakan isi gambar tersebut
ü  Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang isi gambar tersebut
ü  Peserta didik diberi kesempatan untuk membaca qira’ah pada buku siswa
ü  Guru mengembangkan pembelajaran dengan Strategi (Index Card Match) :
Langkah-langkah pembelajaran:
v Guru menyiapkan kartu secara berpasangan (soal dan jawabnya) lalu diacak. Kartu tersebut dibagikan kepada semua siswa dan meminta mereka memahami artinya. Semua siswa mencari pasangannya masing-masing dengan tanpa bersuara. Siswa berkelompok denganpasangannya masing-masing. Masing-masing kelompok menyampaikan (mempresentasikan) hasilnya di depan kelas.Guru memberikan kesempatan kepada kelompok lain untuk memberikan komentar atau pertanyaan. Guru memberikan klarifikasi terhadap hasil kerja kelompok tersebut.
50 menit
Penutup
ü  Peserta didik menyimpulkan isi bacaan
ü  Guru memberikan penguatan melalui pemberian tugas menulis kosa kata baru pada kartu untuk di hafal.
ü  Guru membiasakan mengajak siswa mengakhiri pelajaran dengan membaca hamdalah
هَيَّا بِنَا نَخْتَتِمُ دَرْسَنَا بِقِرَاءَةِ الْحَمْدَلَةِ
10 menit

  6. Remidial
Guru memberikan remedial kepada peserta didik jika belum mencapai ketuntasan
sebagaimana pada kriteria ketuntasan tersebut di atas. Materi remedial diberikan
hanya pada aspek yang tidak tuntas saja.  
 7. Pengayaan
Guru memberikan pengayaan kepada peserta didik yang telah mencapai ketuntasan pada semua aspek penilaian.

Bentuk RPP Kurikulum 2013 kelas 4 semester 1


                             RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Madrasah          : MIS /MIN
Mata Pelajaran            : Bahasa Arab
Kelas / Semester         : IV/ I
1. Kompetensi Inti

KI 1 : Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama Islam.
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan
tetangganya serta cinta tanah air.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dankegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis danlogis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
2. Kompetensi Dasar
1.1        Meresapi makna anugerah Allah SWT berupa bahasa Arab
1.2        Mengakui dan mensyukuri anugerah Allah SWT atas  terciptanya bahasa yang beragam
 2.1    Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud benda melalui media bahasa Arab dalam berinteraksi dengan keluarga, teman tetangga dan guru 
 2.2   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga dan guru
 3.1   Mengidentifikasi bunyi  huruf, kata, frasa,dan kalimat sederhana terkait topik :
التَّعْرِفُ بِالنَّفْسِ ؛ اَلْأَدَوَاتُ اْلمَدْرَسِيَّةُ ؛ أَصْحَابُ اْلمِهْنَةِ
baik secara lisan maupun tertulis
 3.2    Menemukan makna dari ujaran kata, frasa,dan kalimat sederhana terkait topik :
  التَّعْرِفُ بِالنَّفْسِ ؛ اَلْأَدَوَاتُ اْلمَدْرَسِيَّةُ ؛ أَصْحَابُ اْلمِهْنَةِ
 3.3   Memahami bentuk kata, frasa,dan kalimat sederhana terkait topik :
  التَّعْرِفُ بِالنَّفْسِ ؛ اَلْأَدَوَاتُ اْلمَدْرَسِيَّةُ ؛ أَصْحَابُ اْلمِهْنَةِ
 3.4    Memahami kata, frasa,dan kalimat sederhana secara lisan dan tertulis terkait       
        topik :
  التَّعْرِفُ بِالنَّفْسِ ؛ اَلْأَدَوَاتُ اْلمَدْرَسِيَّةُ ؛ أَصْحَابُ اْلمِهْنَةِ
 4.1   Melafalkan bunyi huruf , kata, frasa,dan kalimat  bahasa Arab terkait topik :
  التَّعْرِفُ بِالنَّفْسِ ؛ اَلْأَدَوَاتُ اْلمَدْرَسِيَّةُ ؛ أَصْحَابُ اْلمِهْنَةِ
 4.2    Menyampaikan makna dari ujaran kata, frasa,dan kalimat   sederhana terkait
          topik :
  التَّعْرِفُ بِالنَّفْسِ ؛ اَلْأَدَوَاتُ اْلمَدْرَسِيَّةُ ؛ أَصْحَابُ اْلمِهْنَةِ
1.3        Menggunakan kata, frasa,dan kalimat sederhana terkait topik :
  التَّعْرِفُ بِالنَّفْسِ ؛ اَلْأَدَوَاتُ اْلمَدْرَسِيَّةُ ؛ أَصْحَابُ اْلمِهْنَةِ
1.4        Mengungkapkan kata, frasa,dan kalimat   sederhana secara lisan dan tertulis terkait topik :
  التَّعْرِفُ بِالنَّفْسِ ؛ اَلْأَدَوَاتُ اْلمَدْرَسِيَّةُ ؛ أَصْحَابُ اْلمِهْنَةِ
Pelajaran 1 :  التَّعْرِفُ بِالنَّفْسِ
A. Qira’ah ( اَلْقِرَاءَةُ (
    1. Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar
a. Mampu melafalkan teks qira’ah tentang   التَّعْرِفُ بِالنَّفْسِ dengan benar
b. Mampu menerjemahkan teks qira’ah tentang   التَّعْرِفُ بِالنَّفْسِ dengan benar
c. Mampu mempraktekkan bacaan teks qira’ah tentang   التَّعْرِفُ بِالنَّفْسِ dengan benar
d. Mampu menyebutkan nama dalam bahasa Arab dengan benar
Bahasa Arab - Kurikulum 2013
   2. Tujuan Pembelajaran
       Setelah mengamati, menanya peserta didik mampu :
a. Melafalkan teks qira’ah tentang   التَّعْرِفُ بِالنَّفْسِ dengan benar
b. Menerjemahkan teks qira’ah tentang   التَّعْرِفُ بِالنَّفْسِ dengan benar
c. Mempraktekkan bacaan teks qira’ah tentang   التَّعْرِفُ بِالنَّفْسِ dengan  benar
d. Memperkenalkan diri dengan menggunakan bahasa Arab
3. Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
4. Materi Pokok
اَلْقِرَاءَةُ
·      اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَتُهُ ، أَنَا خَالِدٌ ، أَنَا تِلْمِيْذٌ ، أَنْتَ أَحْمَدُ ، أَنْتَ تِلْمِيْذٌ ، هَذَا عُمَرُ ، هُوَ تِلْمِيْذٌ ، ذَالِكَ السَّيِّدُ رِضْوَانُ ، هُوَ مُدَرِّسٌ
·      صَبَاحَ اْلخَيْرِ ! أَنَا خَاديجة ، أَنَا تِلْمِيْذَةٌ ، أَنْتِ فَاطِمَةُ ، أَنْتِ تِلْمِيْذَةٌ ، هَذِهِ عَائِشَةُ ، هِيَ تِلْمِيْذَةٌ ، تِلْكَ السَّيِّدَةُ فَرِيْدَةُ ، هِيَ مُدَرِّسَةٌ
  5. Proses Pembelajaran

Kegiatan
Rincian
Alokasi Waktu
Pendahuluan
ü  Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.
ü  Guru membiasakan mengajak peserta didik membuka pelajaran dengan Bahasa Arab berupa ucapan basmalah
هَيَّا بِنَا نَفْتَتِحُ دَرْسَنَا بِقِرَاءَةِ اْلبَسْمَلَةِ
ü  Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian .
ü  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
ü  Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif pengalaman peserta didik dan dikaitkan dengan tema  التَّعْرِفُ بِالنَّفْسِ
10 menit
Inti
ü  Guru meminta peserta didik mengamati gambar anak sedang berkenalan dengan temannya
ü  Peserta didik mengemukakan isi gambar tersebut
ü  Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang isi gambar tersebut
ü  Peserta didik diberi kesempatan untuk membaca qira’ah pada buku siswa
ü  Guru mengembangkan pembelajaran dengan Strategi (Index Card Match) :
Langkah-langkah pembelajaran:
v Guru menyiapkan kartu secara berpasangan (soal dan jawabnya) lalu diacak. Kartu tersebut dibagikan kepada semua siswa dan meminta mereka memahami artinya. Semua siswa mencari pasangannya masing-masing dengan tanpa bersuara. Siswa berkelompok denganpasangannya masing-masing. Masing-masing kelompok menyampaikan (mempresentasikan) hasilnya di depan kelas.Guru memberikan kesempatan kepada kelompok lain untuk memberikan komentar atau pertanyaan. Guru memberikan klarifikasi terhadap hasil kerja kelompok tersebut.
50 menit
Penutup
ü  Peserta didik menyimpulkan isi bacaan
ü  Guru memberikan penguatan melalui pemberian tugas menulis kosa kata baru pada kartu untuk di hafal.
ü  Guru membiasakan mengajak siswa mengakhiri pelajaran dengan membaca hamdalah
هَيَّا بِنَا نَخْتَتِمُ دَرْسَنَا بِقِرَاءَةِ الْحَمْدَلَةِ
10 menit

  6. Remidial
Guru memberikan remedial kepada peserta didik jika belum mencapai ketuntasan
sebagaimana pada kriteria ketuntasan tersebut di atas. Materi remedial diberikan
hanya pada aspek yang tidak tuntas saja.  
 7. Pengayaan
Guru memberikan pengayaan kepada peserta didik yang telah mencapai ketuntasan pada semua aspek penilaian.
  
B. Hiwar (  اَلْحِوَارُ)
    1. Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar
a. Mampu melafalkan teks hiwar tentang  التَّعْرِفُ بِالنَّفْسِ dengan baik
b. Mampu mendemonstrasikan hiwar tentang   التَّعْرِفُ بِالنَّفْسِ dengan baik dan benar
   2. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengamati, menanya peserta didik mampu :
        a. Melafalkan teks hiwar tentang  التَّعْرِفُ بِالنَّفْسِ dengan baik
        b.Mendemonstrasikan hiwar tentang   التَّعْرِفُ بِالنَّفْسِ dengan baik dan benar

3. Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
4. Materi Pokok
1.      Ahmad berkenalan dengan peserta didik baru yang bernama Usman
أَحْمَدُ       : اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ  !
عُثْمَنُ      : وَعَلَيْكُمْ اَلسَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَتُهُ
أَحْمَدُ       : مَنْ أَنْتَ ؟
عُثْمَنُ      : أَنَا عُثْمَنُ
أَحْمَدُ       : أَنَا أَحْمَدُ ، أَهْلاً وَ سَهْلاً يَا عُثْمَنُ
عُثْمَنُ      : أَهْلاً بِكَ يَا أَحْمَدُ
2.      Fatimah bersama Khadijah bertemu dengan Hindun.
هِنْدٌ        : صَبَاحَ اْلخَيْرِ !
فَاطِمَةُ     : صَبَاحَ اْلنُّوْرِ !
هِنْدٌ        : مَنْ هَذِهِ يَا فَاطِمَةُ
فَاطِمَةُ     : هَذِهِ خَا دِجَةُ ،هِيَ تِلْمِيْذَةٌ
هِنْدٌ        : أَهْلاً وَ سَهْلاً يَا خَا دِجَةُ !
خَا دِجَةُ    : أَهْلاً بِكِ يَا هِنْدٌ !
3.      Ibrahim mengenalkan Hasan kepada Ali.
إِبْرَاهِيْمُ     : مَسَاءَ اْلخَيْرِ !
عَلِيٌّ        : مَسَاءَ اْلنُّوْرِ !
إِبْرَاهِيْمُ     : يَا عَلِيٌّ ، هَذَا حَسَنٌ
عَلِيٌّ        : أَهْلاً وَ سَهْلاً !
إِبْرَاهِيْمُ     : أَهْلاً بِكَ !
عَلِيٌّ        : هَلْ أَنْتَ تِلْمِيْذٌ ياَ حَسَنٌ
حَسَنٌ     : نَعَمْ ، أَنَا تِلْمِيْذٌ
إِبْرَاهِيْمُ     : وَ هَلْ أَنْتَ تِلْمِيْذٌ أَيْضًا؟
عَلِيٌّ        : نَعَمْ ، أَنَا تِلْمِيْذٌ أَيْضًا
 5. Proses Pembelajaran
Kegiatan
Rincian
Alokasi Waktu
Pendahuluan
ü  Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.
ü  Guru membiasakan mengajak peserta didik membuka pelajaran dengan Bahasa Arab berupa ucapan basmalah.
ü  Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian
ü  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
ü  Guru menempelkan karton berisi teks hiwar di papan tulis   
10 menit
Inti
ü  Guru menyampaikan pengantar atau ilustrasi singkat tentang  التَّعْرِفُ بِالنَّفْسِ dengan mengajukan beberapa pertanyaan yang relevan dengan topik.
ü  Peserta didik mengamati materi hiwar melalui  Pengucapan guru.
ü  Guru memberikan pengulangan istima (mendengarkan) sambil memahami isi hiwar .
ü  Pengulangan istima’ dengan dibarengi peniruan secara kolektif (bersamasama).
ü  Pengulangan istima’ sekali lagi dengan diikuti peniruan secara berkelompok
ü  Setelah isi hiwar dipahami, barulah ditindaklanjuti dengan bahasan berikutnya; tadribat, dengan cara memberikan peserta didik kesempatan untuk mencari pasangan.
ü  Peserta didik mendemonstrasikan hiwar secara berpasangan
50 menit
Penutup
ü  Guru memberikan pertanyaan tentang kandungan materi dan gagasan yang terdapat dalam hiwar.
ü  Guru membiasakan mengajak siswa mengakhiri pelajaran dengan membaca hamdalah dipandu dalam bahasa Arab.
10 menit

   6. Remidial
Guru memberikan remedial kepada peserta didik jika belum mencapai ketuntasan
sebagaimana pada kriteria ketuntasan tersebut di atas. Materi remedial diberikan hanya pada aspek yang tidak tuntas saja.

 C. Istima’  اَلْإِسْتِمَاعُ))
     1. Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar
a. Mampu melakukan kegiatan sesuai dengan kalimat  tentang   التَّعْرِفُ بِالنَّفْسِ yang
   didengarnya dengan baik.
b. Mampu menjawab pertanyaan yang didengarkannya dengan benar
c. Mampu mempraktekkan pernyataan yang didengarnya dengan baik
d. Mampu menyampaikan kembali pesan yang didengarkannya dengan benar
    2. Tujuan Pembelajaran
        Setelah mengamati, menanya peserta didik mampu :
a. melakukan kegiatan sesuai dengan kalimat tentang  التَّعْرِفُ بِالنَّفْسِ yang
  didengarnya dengan baik
b. menjawab pertanyaan yang didengarkannya dengan benar
c. mempraktekkan pertanyaan yang didengarnya dengan baik
d. menyampaikan kembali pesan yang didengarkannya dengan benar
    3. Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
    4. Materi Pokok
صَبَاحَ اْلخَيْرِ يَا خَالِدُ
أَنَا أَحْمَدُ وَ أَنْتَ حَسَنٌ
هَذَا حَامِدٌ ، هُوَ تِلْمِيْذٌ
هَلْ أَنْتِ تِلْمِيْذٌةٌ يَا خَدِيْجَةُ ؟
   5. Proses Pembelajaran

Kegiatan
Rincian
Alokasi Waktu
Pendahuluan
ü  Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.
ü  Guru membiasakan mengajak peserta didik membuka pelajaran dengan Bahasa Arab berupa ucapan basmalah
ü  Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian
ü  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
5 menit
Inti
ü  Guru membacakan teks istima dan peserta didik mendengarkan.
ü  Peserta didik membaca teks istima secara bersama-sama
ü  Guru mengembangkan pembelajaran dengan metode pesan berantai :
Langkah-langkah pembelajaran:
v Guru menyiapkan beberapa kartu berisi kalimat (jumlah) sesuai dengan tema. Guru membagi siswa menjadi dua baris , kemudian siswa yang berada di baris yang paling depan disuruh maju menghadap guru untuk mengambil salah satu kartu dan membacanya dalam hati secara seksam, Siswa yang mendapatkan pesan dari guru harus menyampaikannya kepada siswa berikutnya dengan suara berbisik. Begitu seterusnya. Siswa yang berada di baris yang terakhir menyebutkan pesan atau perintah dengan suara yang keras Guru mencocokkan dengan kartu yang diberikan peserta didik pertama. Guru memberikan apresiasi kepada kelompok peserta didik yang benar melaksanakan pesan atau menirukan kalimat dari bisikan temannya secara sempurna.
50 menit
Penutup
ü  Peserta didik mengekspresikan pembelajaran yang telah berlangsung.
ü  Guru memberikan penguatan melalui pemberian tugas.
ü  Guru membiasakan mengajak siswa mengakhiri pelajaran dengan membaca hamdalah dipandu dalam Bahasa Arab.
10 menit


6. Remidial
Guru memberikan remedial kepada peserta didik jika belum mencapai ketuntasan
sebagaimana pada kriteria ketuntasan tersebut di atas. Materi remedial diberikan
hanya aspek yang tidak tuntas saja , Guru membacakan cerita kepada peserta didik kemudian peserta diberikan tugas untuk membacakan cerita tersebut hasil dari mendengarkan bacaan guru.
7. Pengayaan
Guru memberikan pengayaan kepada peserta didik yang telah mencapai ketuntasan
pada semua aspek penilaian.  Guru memberikan tugas kepada pesertadidik untuk menuliskan apa yang didengar dari ucapan guru

D. Al-Kitabah ( اَلْكِتَابَةُ )
     1. Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar
a.  Mampu menyusun kata acak sehingga menjadi kalimat sempurna
b. Mampu menyempurnakan kalimat tentang   التَّعْرِفُ بِالنَّفْسِ dengan mufradat yang       telah disediakan
c. Mampu menerjemahkan kalimat tentang   التَّعْرِفُ بِالنَّفْسِ ke dalam bahasa
    Indonesia
d. Mampu menerjemahkan kalimat tentang   التَّعْرِفُ بِالنَّفْسِ ke dalam bahasa Arab
    2. TujuanPembelajaran
        Setelah mengamati, menanya peserta didik mampu :
a. Menyusun kata acak sehingga menjadi kalimat yang sempurna.
b. Menyempurnakan kalimat tentang  التَّعْرِفُ بِالنَّفْسِ dengan mufradat yang telah
    disediakan .
c. Menerjemahkan kalimat tentang   التَّعْرِفُ بِالنَّفْسِ ke dalam bahasa Indonesia.
d. Menerjemahkan kalimat tentang   التَّعْرِفُ بِالنَّفْسِ ke dalam bahasa Arab.
   3. Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
   4. Materi Pokok
a.      Susunlah kata – kata di bawah ini sehingga menjadi kalimat yang sempurna,
mulai dari kata yang bergaris bawah!
١. هذَا- وَ – حَسَنُ – هذِهِ – خَدِيْجَةُ
٢. تِلْمِيْذٌ ؟ - أَنْتَ - هَلْ
b.      Buatlah kalimat yang sempurna dari kata-kata di bawah ini.!
١. تِلْمِيْذَةٌ
٢. أنْتَ
c.      Terjemahkan kalimat-kalimat berikut ini ke dalam bahasa Indonesia!
١. أَهْلاً وَ سَهْلاً يَا سَالِمٌ
٢. أَنَا مُدَرِّسٌ وَ أَناَ تِلْمِيْذٌ
  5. Proses Pembelajaran

Kegiatan
Rincian
Alokasi Waktu
Pendahuluan
ü  Guru membiasakan peserta didik membuka pelajaran dengan bahasa Arab berupa ucapan basmalah.
ü  Guru bertanya jawab tentang kosa kata yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
ü  Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang harus dicapai saat ini.
5 menit
Inti
Dalam kitabah dibagi beberapa latihan :
Latihan 1: Menyusun kata acak menjadi kalimat yang sempurna
ü  Guru membagi peserta didik dalam beberapa kelompok.
ü  Guru menyiapkan kartu mufradat dan dibagikan pada kelompok.
ü  Masing-masing kelompok berlomba menyusun kalimat yang sempurna dari kartu mufrodat yang diterima.
ü  Kelompok yang tercepat menyusun kalimat yang sempurna menjadi pemenang
Latihan 2: Membuat kalimat dengan mufrodat yang tersedia
ü  Guru menyiapkan kartu mufradat dan dibagikan pada kelompok.
ü  Masing-masing kelompok berlomba membuat kalimat dari kartu mufrodat yang diterima.
ü  Masing-masing kelompok membacakan kalimat yang telah dibuat.
Latihan 3 : Menerjemahkan bahasa Arab ke dalam bahasa Indonesia
ü  Guru menyaiapkan kartu secara berpasangan ( kalimat berbahasa Arab dan kalimat berbahsa Indonesia) lalu diacak.
ü  Guru membagikan kartu tersebut kepada semua siswa dan meminta mereka memahami artinya dan mencari pasangannya masing-masing dengan tanpa bersuara. Setelah menemukan pasangannya mintalah siswa berkelompok dengan pasangannya masing-masing.
ü  Masing-masing kelompok  menyampaikan (mempresentasikan) hasilnya di depan kelas.
ü  Guru memberikan kesempatan kepada kelompok lain untuk memberikan komentar atau pertanyaan.
ü  Guru memberikan klarifikasi terhadap hasil kerja kelompok tersebut.
55 menit
Penutup
ü  Peserta didik menyimpulkan isi dari kitabah.
ü  Guru memberikan penguatan melalui memberikan pujian/poin bagi kelompok yang aktif dan menang
ü  Guru membiasakan mengajak siswa mengakhiri pelajaran dengan membaca hamdalah dipandu dalam Bahasa Arab
10 menit

6. Remidial
Guru memberikan remedial kepada peserta didik  yang belum mencapai ketuntasan
sebagaimana pada Kriteria ketuntasan tersebut di atas. Materi remedial diberikan
hanya aspek yang tidak tuntas saja. Peseta didik diberi tugas untuk menyusun kalimat yang sempurna dengan menggunakan kartu yang berisi mufradat .  
  Guru Kelas 4 MI
 7. Pengayaan
Guru memberikan pengayaan kepada peserta didik yang telah mencapai ketuntasan
pada semua aspek penilaian, misalnya guru memberikan tugas pada peserta didik
untuk membuat satu pragaraf kurang lebih tiga baris sesuai dengan tema di atas kemudian masing-masing peserta didik membacakan hasil karangannya.