Sabtu, 13 September 2014

contoh RPP K13 STUDI bahasa arab



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Madrasah          : MIS As’adiyah No.3 Sengkang
Mata Pelajaran                        : Bahasa Arab
Kelas / Semester          : IV/ I
1. Kompetensi Inti

KI 1 : Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama Islam.
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan
tetangganya serta cinta tanah air.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dankegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis danlogis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
2. Kompetensi Dasar
1.1        Meresapi makna anugerah Allah SWT berupa bahasa Arab
1.2        Mengakui dan mensyukuri anugerah Allah SWT atas  terciptanya bahasa yang beragam
 2.1    Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud benda melalui media bahasa Arab dalam berinteraksi dengan keluarga, teman tetangga dan guru 
 2.2   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga dan guru
 3.1   Mengidentifikasi bunyi  huruf, kata, frasa,dan kalimat sederhana terkait topik :
التَّعْرِفُ بِالنَّفْسِ ؛ اَلْأَدَوَاتُ اْلمَدْرَسِيَّةُ ؛ أَصْحَابُ اْلمِهْنَةِ
baik secara lisan maupun tertulis
 3.2    Menemukan makna dari ujaran kata, frasa,dan kalimat sederhana terkait topik :
  التَّعْرِفُ بِالنَّفْسِ ؛ اَلْأَدَوَاتُ اْلمَدْرَسِيَّةُ ؛ أَصْحَابُ اْلمِهْنَةِ
 3.3   Memahami bentuk kata, frasa,dan kalimat sederhana terkait topik :
  التَّعْرِفُ بِالنَّفْسِ ؛ اَلْأَدَوَاتُ اْلمَدْرَسِيَّةُ ؛ أَصْحَابُ اْلمِهْنَةِ
 3.4    Memahami kata, frasa,dan kalimat sederhana secara lisan dan tertulis terkait       
        topik :
  التَّعْرِفُ بِالنَّفْسِ ؛ اَلْأَدَوَاتُ اْلمَدْرَسِيَّةُ ؛ أَصْحَابُ اْلمِهْنَةِ
 4.1   Melafalkan bunyi huruf , kata, frasa,dan kalimat  bahasa Arab terkait topik :
  التَّعْرِفُ بِالنَّفْسِ ؛ اَلْأَدَوَاتُ اْلمَدْرَسِيَّةُ ؛ أَصْحَابُ اْلمِهْنَةِ
 4.2    Menyampaikan makna dari ujaran kata, frasa,dan kalimat   sederhana terkait
          topik :
  التَّعْرِفُ بِالنَّفْسِ ؛ اَلْأَدَوَاتُ اْلمَدْرَسِيَّةُ ؛ أَصْحَابُ اْلمِهْنَةِ
1.3        Menggunakan kata, frasa,dan kalimat sederhana terkait topik :
  التَّعْرِفُ بِالنَّفْسِ ؛ اَلْأَدَوَاتُ اْلمَدْرَسِيَّةُ ؛ أَصْحَابُ اْلمِهْنَةِ
1.4        Mengungkapkan kata, frasa,dan kalimat   sederhana secara lisan dan tertulis terkait topik :
  التَّعْرِفُ بِالنَّفْسِ ؛ اَلْأَدَوَاتُ اْلمَدْرَسِيَّةُ ؛ أَصْحَابُ اْلمِهْنَةِ
Pelajaran 1 :  التَّعْرِفُ بِالنَّفْسِ
A. Qira’ah ( اَلْقِرَاءَةُ (
    1. Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar
a. Mampu melafalkan teks qira’ah tentang   التَّعْرِفُ بِالنَّفْسِ dengan benar
b. Mampu menerjemahkan teks qira’ah tentang   التَّعْرِفُ بِالنَّفْسِ dengan benar
c. Mampu mempraktekkan bacaan teks qira’ah tentang   التَّعْرِفُ بِالنَّفْسِ dengan benar
d. Mampu menyebutkan nama dalam bahasa Arab dengan benar
Bahasa Arab - Kurikulum 2013
   2. Tujuan Pembelajaran
       Setelah mengamati, menanya peserta didik mampu :
a. Melafalkan teks qira’ah tentang   التَّعْرِفُ بِالنَّفْسِ dengan benar
b. Menerjemahkan teks qira’ah tentang   التَّعْرِفُ بِالنَّفْسِ dengan benar
c. Mempraktekkan bacaan teks qira’ah tentang   التَّعْرِفُ بِالنَّفْسِ dengan  benar
d. Memperkenalkan diri dengan menggunakan bahasa Arab
3. Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
4. Materi Pokok
اَلْقِرَاءَةُ
·      اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَتُهُ ، أَنَا خَالِدٌ ، أَنَا تِلْمِيْذٌ ، أَنْتَ أَحْمَدُ ، أَنْتَ تِلْمِيْذٌ ، هَذَا عُمَرُ ، هُوَ تِلْمِيْذٌ ، ذَالِكَ السَّيِّدُ رِضْوَانُ ، هُوَ مُدَرِّسٌ
·      صَبَاحَ اْلخَيْرِ ! أَنَا خَاديجة ، أَنَا تِلْمِيْذَةٌ ، أَنْتِ فَاطِمَةُ ، أَنْتِ تِلْمِيْذَةٌ ، هَذِهِ عَائِشَةُ ، هِيَ تِلْمِيْذَةٌ ، تِلْكَ السَّيِّدَةُ فَرِيْدَةُ ، هِيَ مُدَرِّسَةٌ
  5. Proses Pembelajaran

Kegiatan
Rincian
Alokasi Waktu
Pendahuluan
ü  Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.
ü  Guru membiasakan mengajak peserta didik membuka pelajaran dengan Bahasa Arab berupa ucapan basmalah
هَيَّا بِنَا نَفْتَتِحُ دَرْسَنَا بِقِرَاءَةِ اْلبَسْمَلَةِ
ü  Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian .
ü  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
ü  Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif pengalaman peserta didik dan dikaitkan dengan tema  التَّعْرِفُ بِالنَّفْسِ
10 menit
Inti
ü  Guru meminta peserta didik mengamati gambar anak sedang berkenalan dengan temannya
ü  Peserta didik mengemukakan isi gambar tersebut
ü  Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang isi gambar tersebut
ü  Peserta didik diberi kesempatan untuk membaca qira’ah pada buku siswa
ü  Guru mengembangkan pembelajaran dengan Strategi (Index Card Match) :
Langkah-langkah pembelajaran:
v Guru menyiapkan kartu secara berpasangan (soal dan jawabnya) lalu diacak. Kartu tersebut dibagikan kepada semua siswa dan meminta mereka memahami artinya. Semua siswa mencari pasangannya masing-masing dengan tanpa bersuara. Siswa berkelompok denganpasangannya masing-masing. Masing-masing kelompok menyampaikan (mempresentasikan) hasilnya di depan kelas.Guru memberikan kesempatan kepada kelompok lain untuk memberikan komentar atau pertanyaan. Guru memberikan klarifikasi terhadap hasil kerja kelompok tersebut.
50 menit
Penutup
ü  Peserta didik menyimpulkan isi bacaan
ü  Guru memberikan penguatan melalui pemberian tugas menulis kosa kata baru pada kartu untuk di hafal.
ü  Guru membiasakan mengajak siswa mengakhiri pelajaran dengan membaca hamdalah
هَيَّا بِنَا نَخْتَتِمُ دَرْسَنَا بِقِرَاءَةِ الْحَمْدَلَةِ
10 menit

  6. Remidial
Guru memberikan remedial kepada peserta didik jika belum mencapai ketuntasan
sebagaimana pada kriteria ketuntasan tersebut di atas. Materi remedial diberikan
hanya pada aspek yang tidak tuntas saja.  
 7. Pengayaan
Guru memberikan pengayaan kepada peserta didik yang telah mencapai ketuntasan pada semua aspek penilaian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar