Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )
Nama Sekolah : SMKN 1 SENGKANG
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : X / 1
Waktu : 2 x 45 menit (Pertemuan Pertama)
Aspek : Aqidah
A. Standar Kompetensi
3. Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui pemahaman
sifat-sifatNya dalam Asmaul Husna.
B. Kompetensi Dasar
3.1 Menyebutkan
10 sifat Allah dalam Asmaul
Husna.
3.2 Menjelaskan arti 10
sifat Allah dalam Asmaul Husna..
C. Indikator Pencapaian Kompetensi :
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
|
Mampu menyebutkan arti sifat Allah.
Mampu menyebutkan arti 10
sifat Allah dalam Asmaul Husna
Mampu menjelaskan arti 10
sifat Allah dalam Asmaul Husna.
Mampu menjabarkan 10 sifat Allah ke dalam sifat
manusia
|
Religius, jujur, santun,
disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai
keberagaman, patuh pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak
dan kewajiban, kerja keras, dan adil.
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
Patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang
dianutnya.
Toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain
Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah,
bertekad, enerjik).
Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk
masa depan)
D. Materi Ajar (Materi Pokok)
Asmaul Husna :
- 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna
Asmaul Husna :
- 10 Asmaul Husna dan artinya
E. Metode Pembelajaran:
Ceramah , tanya jawab dan Praktek
F. Tujuan Pembelajaran
Siswa diharapkan mampu untuk :
Mampu
menyebutkan arti sifat Allah.
Mampu menyebutkan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul
Husna
Mampu menjelaskan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul
Husna.
Mampu
menjabarkan 10 sifat Allah ke dalam sifat manusia
G. Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
a. Kegiatan
Awal
- Guru-Siswa memberi salam dan
memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah
dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
- Siswa menyiapkan kitab suci Al
Qurán
- Secara bersama membaca Al
Qurán selama 5 – 10 menit
- Guru menjelaskan secara
singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.
b. Kegiatan
Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan
sebagai berikut:
Elaborasi
Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa
tentang materi pembelajaran 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna
-
Guru
mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
·
Pernahkah kalian mendengar orang lain membaca
tentang 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna?
·
Pernahkah kalian membaca 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna?
·
Siapakah diantara kalian yang sudah hafal 10 Sifat Allah dalam Asmaul
Husna?
- Guru menunjuk seorang siswa
yang sudah pernah mengetahui tentang 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna untuk memberikan opininya kepada teman-temannya di bawah bimbingan guru 2 sampai dengan 3 kali..
- Guru menjelaskan tentang 10 Sifat Allah dalam Asmaul
Husna
Eksplorasi
- Selanjutnya siswa menyebutkan
sifat Allah yang terdapat dalam Q.S. Al-Baqarah ayat 163 dengan berpedoman kepada Al Qur’an dan
terjemahan-nya atau sumber bacaan lainnya dengan pengamatan dari guru.
-
Selanjutnya, guru
mengajukan beberapa pertanyaan tentang arti Sifat Wahid kepada siswa.
- Setelah selesai guru
menjelaskan 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna yang lain.
Konfirmasi
-
10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna banyak mengandung nilai-nilai
sikap dan perilaku yang utama.
c. Kegiatan
Akhir (Penutup)
- Guru meminta agar para siswa
rajin mempelajari arti yang terkandung dalam 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna
.
- Guru menutup / mengakhiri
pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
-
Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan
siswa menjawab salam.
H. Penilaian
Tes tertulis
I. Bahan/Sumber Belajar
Al Quran dan terjemahan Departemen Agama RI
Buku pelajaran PAI SMA kelas I
J. Lembar Penilaian
I.
Tes Tertulis
No.
|
Butir – butir Soal
|
Kunci Jawaban
|
1.
|
Allah SWT memiliki Sifat Wahid, arti Wahid adalah ..........
|
Esa
|
2.
|
وَ بِذالِكَ لاَ شريك لهArti penggalan ayat tersebut adalah........
|
Tiada sekutu bagi-Nya, dan demikian itulah…
|
3.
|
Perilaku yang mencerminkan kepasrahan bahwa hanya
Allahlah Tuhan yang wajib disembah tanpa terkecuali. Adalah cerminan sifat
Allah …..
|
Wahid
|
II.
Portofolio
Tes pengalaman dilakukan dengan menggunakan
portofolio dimana guru mencatat pengalaman agama berdasarkan antara lain:
-
apa yang dilihat;
- laporan rekan guru dan pegawai
lainnya; dan
-
laporan dari orangtua murid atau siswa.
ini rpp k13 bukan ya??
BalasHapusmasya allah.. keren kak... cek dong wa 081450259866
BalasHapus