Sabtu, 06 Agustus 2016

CONTOH RPP SATU PERTEMUAN LENGKAP

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )

Nama Sekolah             :  SMKN 1 SENGKANG
Mata Pelajaran             : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester            : X / 1
Waktu                          : 2 x 45 menit (Pertemuan Pertama)
Aspek                          : Aqidah

A.   Standar Kompetensi
3.         Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat-sifatNya dalam Asmaul Husna.

B.   Kompetensi Dasar
3.1        Menyebutkan 10 sifat Allah  dalam Asmaul  Husna.
3.2        Menjelaskan arti  10 sifat Allah dalam Asmaul  Husna..

C.   Indikator Pencapaian Kompetensi  :
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
  Mampu  menyebutkan arti  sifat Allah.
  Mampu menyebutkan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
  Mampu menjelaskan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna.
  Mampu  menjabarkan 10 sifat Allah ke dalam sifat manusia
Religius, jujur, santun, disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai keberagaman, patuh pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak dan kewajiban, kerja keras, dan adil.

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
  Patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya.
  Toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain
  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

D.   Materi Ajar (Materi Pokok)
  Asmaul Husna :
- 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna
  Asmaul Husna :
- 10 Asmaul Husna dan artinya

E.   Metode Pembelajaran:
  Ceramah , tanya jawab dan Praktek

F.   Tujuan Pembelajaran
Siswa diharapkan mampu untuk :
  Mampu  menyebutkan arti  sifat Allah.
  Mampu menyebutkan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
  Mampu menjelaskan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna.
  Mampu  menjabarkan 10 sifat Allah ke dalam sifat manusia

G.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.   Kegiatan Awal
-      Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
-      Siswa menyiapkan kitab suci Al Qurán
-      Secara bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
-      Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.

b.   Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Elaborasi
Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi pembelajaran 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna
-      Guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
·         Pernahkah kalian mendengar orang lain membaca tentang 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna?
·         Pernahkah kalian membaca 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna?
·         Siapakah diantara kalian yang sudah hafal 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna?
-      Guru menunjuk seorang siswa yang sudah pernah mengetahui tentang 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna untuk memberikan opininya kepada teman-temannya di bawah bimbingan guru 2 sampai dengan 3 kali..                                                                                                                                                                                                                                     
-      Guru menjelaskan tentang 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna

Eksplorasi
-      Selanjutnya siswa menyebutkan sifat Allah yang terdapat dalam Q.S. Al-Baqarah ayat 163  dengan berpedoman kepada Al Qur’an dan terjemahan-nya atau sumber bacaan lainnya dengan pengamatan dari guru. 
-      Selanjutnya, guru mengajukan beberapa pertanyaan tentang arti Sifat Wahid  kepada siswa.
-      Setelah selesai guru menjelaskan 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna yang lain.
Konfirmasi
-      10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna  banyak mengandung nilai-nilai sikap dan perilaku yang utama.

c.   Kegiatan Akhir (Penutup)
-      Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari arti yang terkandung dalam 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna .
-      Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
-      Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
H.   Penilaian
  Tes tertulis

I.    Bahan/Sumber Belajar
  Al Quran dan terjemahan Departemen Agama RI
  Buku pelajaran PAI SMA kelas I

J.   Lembar Penilaian
I. Tes Tertulis
No.
Butir – butir Soal
Kunci Jawaban
1.
Allah SWT memiliki Sifat Wahid, arti Wahid adalah ..........
Esa
2.
 وَ بِذالِكَ لاَ شريك لهArti penggalan ayat tersebut adalah........

Tiada sekutu bagi-Nya, dan demikian itulah…
3.
Perilaku yang mencerminkan kepasrahan bahwa hanya Allahlah Tuhan yang wajib disembah tanpa terkecuali. Adalah cerminan sifat Allah …..

Wahid

II. Portofolio
Tes pengalaman dilakukan dengan menggunakan portofolio dimana guru mencatat pengalaman agama berdasarkan antara lain:
-      apa yang dilihat;
-      laporan rekan guru dan pegawai lainnya; dan
-      laporan dari orangtua murid atau siswa.
                                                                                   


2 komentar: